Adanya Makarel Bercacing, Pemerintah Diminta Lakukan Pembentukan Tim Khusus

0
544
Makarel
Copyright©Istimewa

Adanya Makarel Bercacing Telah Menimbulkan Kekewatiran Masyarakat

Indowarta.com – Belum lama ini publik telah dihebohkan dengan adanya produk ikan makarel kalengan bercacing. Terkait dengan hal itu, Akademisi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Diponegoro Semarang, Fronthea Swastawati berharap agar pemerintah segera membentuk tim khusus untuk melakukan penelusuran terkait dengan bahan baku yang diimpor untuk isi produk tersebut.

BACA JUGA : Kebakaran Taman Kota Menewaskan Dua Orang Yang Terjabak Dalam Rumah

Terkait dengan langkah ini, kata Fronthea, untuk peninjauan hukum adanya kesalahan standar pangan itu. Pembentukan tim khusus ini menurutnya dapat dibentuk dari peneliti perguruan tinggi untuk melakukan peninjauan terkaiy makarel bercacing itu.

“Sebaiknya dibentuk tim khusus untuk menulusuri bahan baku ini. Misalnya dari KKP (Kementrian Kelautan Perikanan) RI, peneliti dari perguruan tinggi, dari BPOM, bahkan mungkin nanti juga akan ada tinjauan hukum seperti apa,” ujar Fronthea, Jumat (30/3/18).

Hal itu karena sekarang ini pemerintah sudah memiliki adanya aturan kepada perusahaan yang memproduksi makan kaleng. Dalam aturan tersebut sudah dijelaskan peraturan perusahaan dalam memproduksi ikan kaleng.

Makarel
Copyright©Istimewa

Terkait dengan adanya makarel bercacing ini, kata dia, seharusnya penelusuran bahan baku yang digunakan telah menjadi kewajiban kepada pengelolah ikan kaleng. Karena seluruh bahan baku yang pakai sudah ada persyaratannya.

BACA JUGA : Penutupan Alexis yang diakhiri dengan Aksi Ibu-ibu Satpol PP!

“Bahan baku dari mana harus kita teliti. Itu kan ada persyaratan bahan baku, antara lain kan ikan itu harus memiliki nilai organoleptic di atas 7, kemudian kesegarannya terjamin, terus dia kan ada persyaratan mengenai komposisi yang ada di sana,” jelas dia.

Adanya aturan dan standar yang sudah ditetapkan ini, menunjukkan bahwa perusahaan makarel bercacing itu telah lalai dalam memenuhi standarnya. Oleh karena itu, sebaiknya penarikan produk harus segera dilakukan oleh pihak yang bertanggung jawab, dalam hal ini adalah pabrik atau produksen produk tersebut.

Disamping itu, dengan dilakukan penelusuran mengenai bahan baku sampai tuntas, kata Fronthea, akan dapat memunculkan kejelasan terkait makarel bercacing ini dan ada bentuk langkah yang harus dilakukan agar kedepannya lebih baik.

“Sehingga itu harus ditelusuri dan menurut saya ini harus diselesaikan secara tuntas, agar tidak menjadi kekhawatiran masyarakat. Kalau begini kan semua orang jadi takut makan ikan kaleng,” pungkasnya.

BACA JUGA : Alasan Kenapa Pria Ini Tangkap King Cobra Besar Hingga Viral di Berbagai Sosial Media!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here