Mengenai Puisi Kontroversial , Sukmawati Dilaporkan Ke Polda Metro Jaya

0
1081
Ramainya Laporan yang Diterima Polisi Atas Rizieq Shihab !
Copyrigth©Netralnews

Sukmawati Dilaporkan Dua Orang Atas Tuduhan Yang Sama

Indowarta.com – Dua orang telah melaporkan Sukamawati Soekarnoputri ke Polda Metro Jaya. Adanya laporan itu mengenai adanya puisi yang sudah dibacakan dengan judul “Ibu Indonesia” dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018.

BACA JUGA : Ini Jawabatan Jokowi Ketika Ditanya Kenapa Sering Datang Ke Papua

Pihak yang melaporkan terkait dengan hal ini adalah seorang pengacara bernama Denny Andrian Kushidayat dan Politikus Partai Hanura, Amron Asyhari. Denny mengatakan bahwa dia telah mewakili umat Islam dalam laporannya tersebut.

“Hari ini saya laporkan Sukmawati dengan (tuduhan) penistaan agama. Saya mau kasih tahu ke umat, saya terpanggil saja sebagai umat Islam,” kata dia di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/4).

WAJIB BACA :  Tanggapan Fahri Hamzah Mengenai Puisi Sukmawati Yang Menimbulkan Polemik

Dia menilai bahwa puisi dari Sukmawati tersebut isinya sudah melecehkan dan menghina umat Islam.  “Kalimat pembuka itu Syariat Islam disandingkan dengan sari konde, itu enggak pantas. Kalau saya harus jujur dia lebih parah dari Ahok,” tuturnya.

Menurutnya, adanya tuduhan tersebut disampaikan lantaran Sukmawati sudah dianggap membandingkan syariat Islam dengan menggunakan kode. Disamping itu, dia dianggap sudah meremehkan lafaz azan, yang merupakan panggilan umat Islam untuk melakukan salat.

Dalam laporannya tersebut, pelapor juga telah menyerahkan barang bukti terkait dengan dengan hal itu. Bukti yang diserahkan kepada polisi berupa video ketika Sukmawati membacakan puisi tersebut dalam acara fashion show Anne Avantie.

Sukmawati Soekarnoputri
Copyrigth©Liputan6

“Melalui video saat dia (Sukmawati) berkata, Syariat Islam disandingkan dengan syariat konde, nyanyian kidung Ibu pertiwi lebih indah daripada azan-Mu. Kalau bicara azan meremehkan Tuhan, ada lafaz Allah di situ,” pungkasnya.

WAJIB BACA :  Puisi Sukmawati Dinilai Sekjen NasDem Merupakan Bagian Dari Seni

BACA JUGA : Jaksa Tuntut Wali Kota Tegal Nonaktif Siti Marsitha 7 Tahun Penjara

Laporan Denny dengan nomor LP/1782/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimum atas dugaan Penistaan Agama Islam, seperti yang tercantum dalam Pasal 156 A KUHP dan atau Pasal 16 UU Nomor 40 tahun 2008 terkait penghapusan diskriminasi Ras dan Etnis.

Sedangkan untuk laporan dari Ketua DPP Partai Hanura Amron Asyhari yang dilakukan pada waktu yang saja menyebutkan, bahwa Sukmawati atas tuduhan yang sama. Laporan tersebut diterima dengan bernomor LP/1785/IV/PMJ/Dit.Reskrimum tertanggal 3 April 2018.

“Kalau saya secara pribadi ya (melaporkan), dia (Sukmawati) sebagai orang Islam jangan seperti itulah. Maksudnya jangan menggunakan kata-kata yang kontroversi yang membuat gerah dan geram umat lainnya,” paparnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/4).

BACA JUGA : TNI dan Polri Diminta Menkes Untuk Mengawal Tenaga Kesehatan di Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here