Keluarga Minta Sukmawati Luruskan Soal Puisi!

0
1090
Sukmawati.
Copyrigth©sholihah

Soal Puisi, Pihak Keluarga Meminta Sukmawati Untuk Memberikan Penjelasan

Indowarta.com – Puisi yang berdujul “Ibu Indonesia” yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarnoputri dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 telah menimbulkan polemik di kalangan publik. Banyak pihak yang telah meminta kepadanya untuk segera memberikan klarifikasi terkait dengan puisi tersebut.

BACA JUGA : Puisi Sukmawati Dinilai Sekjen NasDem Merupakan Bagian Dari Seni

Guntur Soekarnoputra mengharapkan agar adinya tersebut segera memberikan penjelasan terkait puisi yang dibacakannya. Dia juga menilai bahwa puisi tersebut tidak mewakili sikap dan keimanan dari Sukmawati.

“Saya yakin puisi Sukma tersebut tidak mewakili sikap keimanannya sebagai seorang muslimah, dan saya ingin Sukma segera meluruskannya,” ujar Guntur dalam keterangannya pada Selasa (3/4/18).

Disamping itu, Guntur mengatakan bahwa puisi yang sudah diciptakan oleh Sukmawati itu tidak terkait dengan pandangan dan sikap dari keluarga besar Presiden pertama RI, Soekarno, ihwal ajaran Islam. Dirinya enggan memberikan komentar lebih lanjut mengenai puisi itu.

Sukmawati,
Copyrigth©Tempo

Sedangkan Puan Maharani meminta agar permasalah mengenai puisi itu lebih baik ditanyakan langsung kepada Sukmawati. Dia enggan beberikan komentar apapun mengenai polemik yang muncul dari puisi berjudul “Ibu Indonesia” tersebut.

BACA JUGA : Pernyataan Prabowo Soal Elit Bodoh dan Maling, Fahri Hamzah Minta Untuk Penjelasan Lanjutan

“Makanya tanyanya ke bu Sukmawati, saya ngga ada hubungannya dong,” pungkasnya.

Adapun Garuh Soekarnoputra juga angkat bicara mengenai puisi dari Sukmawati. Menurutnya puisi itu tak memiliki maksud untuk menyinggung SARA atau semacamnya. Adanya polemik, kata dia, karena sebuah perbedaan presepsi yang mucul.

“Ya saya melihat terjadi reaksi-reaksi gitu, itukan akhirnya sangat relatif tergantung dari persepsi kita. Persepsi orang bermacam-macam,” jelas dia.

Beberapa pihak menilai bahwa puisi dari Sukmawati itu sudah melecehkan agama Islam, hal itu karena dalam bait puisi tersebut telah dinilai membandingkan azan dengan kidung ibu dan konde serta cadar. Beberapa reaksi dari sejumlah pihaknya pun telah bermunculan.

Bahkan akibat puisi tersebut, Sukmawati telah dilaporkan oleh dua orang sekaligus ke Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Timur, atas dugaan penistaan agama. Laporan tersebut diajukan oleh seorang pengacara bernama Denny Andrian Kushidayat dan politikus Partai Hanura Amron Asyhari.

BACA JUGA : Terkait Puisi Kontroversial, PDIP: Sukmawati Soekarnoputri Harus Segera Beri Klarifikasi Agar Tak Salah Tafsir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here