Penyesuaian Gaji PNS Butuh Transisi 2 Tahun

0
626
Ilustrasi PNS
Copyright ©doniseo.abatasa

Kebijakan Penyesuaian Gaji PNS Butuh Masa Transisi Selama 2 Tahun

Indowarta.com – Pemerintah bakal menerapkan kebijakan penyesuaian bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang biasa dikenal dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kebijakan ini nantinya akan tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) yang rencananya terus digodok sampai saat ini.

Sekretaris Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Aba Subagja mengatakan, setelah diterbitkannya nanti, Penerapan PP masih membutuhkan masa transisi yang cukup lama, setidaknya proses transisi ini dilakukan selama wajtuy 2 tahun.

PNS
Copyright©tribunnews

“Ya kalau mungkin nanti akan ada transisi, karena berarti akan ada perubahan. mungkin transisinya 2 tahunan. Kalau ada Undang-Undang (UU) ASN itu 2 tahun harus sudah selesai,” ujar Beliau.

Baca Juga: Alasan BKN Izinkan PNS Pria Dampingi Istri Melahirkan!

Beliau menambahkan, adanya masa transisi ini dikarenakan harus ada penyesuaian dengan keuangan Negara. Oleh sebab hal tersebut maa penghasilan yang diterima oleh PNS akan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Mungkin ini mempertimbangkan keuangan negara, perhitungan di keuangan dan kesanggupan APBN untuk itu juga harus dilihat. Jadi memang di sana kita dapat gaji, tunjangan kinerja, tunjangan kemahalan. Besarannya juga kita mungkin harus diskusi apakah dari persentase dari besaran gaji pokok dan sebagainya, itu kan juga harus kita dimulasikan. Jadi tambahan keuangan negara itu berapa,” jelas dia.

Baca Juga: Tips Menabung Untuk PNS dengan Gaji Pas-pasan!

Selain hal tersebut, beliau menambahkan bahwa masa transisi ini diperlukan dalam proses penyesuaian dari pila ke pola merit atau kelas jabatan. Nantinya penghasilan PNS akan disesuaikan dengan kelas dan jabatannya.

Sebelumnya, Menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan, usulan kenaikan  atau PNS akan dimasukkan dalam Rencanan Kerja Pemeriontah (RKP) 2019 serta Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

Baca Juga: Besarnya Tunjangan Kemahalan PNS dan Manfaatnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here