Ditahan KPK, Zumi Zola Dipecat Oleh PAN

0
1301
Penuhi Panggilan KPK, Zumi Zola Siap Ditahan
Penuhi Panggilan KPK, Zumi Zola Siap Ditahan? Copyright©Liputan6

Zumi Zola Dipecat PAN Usai Ditahan KPK

Indowarta.com – Partai Amanant Nasional (PAN) sudah resmi memberhentikan atau memecat Zumi Zola sebagai kadernya setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Gubernur Jambi tersebut sebagai tersangka kasus penerimaan gratifikasi sejumlah proyek.

Zumi Zola resmi ditahan KPK sejak senin 9 April 2018 kemarin, Ketua Umum PAN zulkifli Hasan mengatakan bahwa sudah memecat Zumi di PAN ketika ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Penuhi Panggilan KPK, Zumi Zola Siap Ditahan?

“Otomatis, itu sudah jauh-jauh hari, pakai ditanya lagi, itu sudah lama,” ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Zulkifli menambahkan dirinya sudah berulangkali mengingatkan seluruh kadernyanya untuk menjauhi korupsi. Kasus yang menjerat Zumi Zola ini harus menjadi pelajaran penting untuk seluruh kader PAN.

“Sudah jauh-jauh hari saya meminta untuk taat hukum menjauhi korupsi, saya kira ini pelajaran penting tidak terulang kembali pada kader-kader PAN lainnya,” tuturnya.

Baca Juga: Usai Menjalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka, Zumi Zola Tak Ditahan KPK

Diketahui sebelumnya, Zumi Zola merupakan Pilitikus PAN yang langsung mengenakan rompi tahanan KPK setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus gratifikasi trkait sejumlah proyek di Jambi. Zumi ditahan untuk 20 hari ke depan agar memudahkan penyidikan.

Dengan dugaan kasus gratifikasi tersebut, Zumi Zola disangkakakn pasal 12B atau pasa 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Menurut perjalannan kasusnya, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi bersama dengan Pelakana tugas (Plt) Kadis PURR Jambi, Arfan. Arfan sendiri merupakan tersangka kasus dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi.

Zumi Zola pun enggan membuka mulut terkait penahanannya tersebut. Dia hanya tertunduk lesu dan pasrah setelah resmi mengenakan rompi tahanan KPK.

Lembaga antirasuah menahan Zumi Zola di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Lama KPK, Kavling C1, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Zumi Zola akan menjalani masa penahanan pertamanya untuk 20 hari ke depan.

Baca Juga: Ini Isi Brankas Besar di Vila Zumi Zola!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here