Kanker Serviks Bisa dicegah dan Bisa Disembuhkan

0
814
Kanker Serviks
Copyright©hellosehat

Kanker Seviks Bisa Disembuhkan

Indowarta.comKanker Serviks merupakan salah satu pembunuh utama bagi perempuan Indonesia. Bahkan Indonesia masuk peringkat pertama sebagai negara dengan jumlah kasus kanker Serviks terbanyak di Asia Tenggara.

Sebagaimana dituliskan dalam Pusat Data dan Informasi Kesehatan 2015, Data Globocan tahun 2012 menunjukkan bahwa setiap hatinya ada 26 wanita Indonesia meninggal lantaran Kanker Serviks

Itu berarti setiap jam setidaknya ada seorang perempuan Indonesia “terbunuh” oleh penyakit yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) ini.

Baca Juga: Penderita Kanker Serviks Rentan Gagal Ginjal!

Kondisi ini tampaknya belum banyak ada perubahan sampai sekarang. Kanker Serviks masih jadi pembunuh utama bagi kaum perempuan.

Kanker adalah sel tubuh yang mengalami mutase (perubahan) dan tumbuh tidak terkendali pada bagian tubuh manusia, termasuk pada leher Rahim (Serviks).

Kanker Serviks
Copyright ©tribunlampung

Gejalanya Kanker Serviks biasanya mulai terlihat jelas pada stadium lanjut, dimana gejala ini dapat berupa pendarahan tidak normal di bagian kemaluan yang terjadi setelah berhubungan badan, diluar masa menstruasi atau setelah menopause. Cairan yang keluar ini umumnya berwarna merah muda, cokelat dan pucat.

Baca Juga: 5 Penyakit yang Serang Tubuh Wanita, Apa Saja?

Gejala-gejala dini inilah yang harusnya diwaspadai dan diperhatikan baik-baik guna menentukan langkah tepat ke depannya agar sel kanker ini tidak jadi berkembang biak dengan pesat.

Pendeteksian kanker bisa dilakukan dengan pemeriksaan pap smear, tes inspeksi visual dengan asam asetat (IV), atau HPV-DNA. Tes detekni dini dapat dengan mudah dilakukan masyarakat, misalnya di klinik laboratoriu.

Selain deteksi dini, tindakan preventif lain tentu diperlukan agar usaha memerangi pembunuh mematikan perempuan Indonesia ini semakin maksimal. Di antaranya, melakukan vaksin HPV, menjaga pola makan sehat, menghindari rokok dan minuman beralkohol, rutin berolahraga,

Baca Juga: AC Mobil Sembarangan Bisa Menyebabkan Kanker?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here