Cara Mengatasi Lampu Depan Mobil Berembun

0
475
Cara mengatasi lampu
Cara mengatasi lampu Berembun Copyright© Daihatsu

Begini Cara Mengatasi lampu Depan Mobil berembun

Indowarta.com – Lampu depan mobil merupakan salah satu bagian paling vital yang tidak bisa diabaiakan begitu saja peranannya ketika berkendara. Beberapa kasus yang sering menimpa lampu depan ini adalah mika bagian dalam lampu berembun.

Tidak hanya menjadi sesuatu yang mengganggu, Lampu depan mobil berembun ini juga dapat mengurangi cahaya yang dipancarkan dari mobil, bahkan kebanyakan orang akan kesulitan dalam membersihkannya.

Dilansir dari laman resmi Daihatsu, Munculnya embun di bagian mika dalam lampu ini akibat dari kondisi sil atau mika rumah lampu yang sudah tidak bagus atau bercelah. Kondisi ini menjadi celah bagi masuknya air atau udara ke dalam mika lampu.

Baca Juga: Jangan Lupa, Perpanjang SIM A dan C Gratis di Hari Kartini

Akibatnya, akan membuat mika lampu menjadi berembun. Bahkan, bisa membuat genangan air di dalam rumah lampu tersebut. Biasanya, terbukanya mika kaca atau sil ini karena kebiasaan buruk pemilik untuk memarkirkan mobil di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung.

Panas sil matahari ini akan membuat sil kaku dan menimbulkan keretakan, terbukanya sil juga bisa disebabkan karena usia mobil yang sudah terlalu tua.

Bila lampu mobilmu berembun, sebaiknya segera ambil tindakan. Sebab, lampu mobil berembun akan membuat warna mika lampu kusam akibat jamur yang tumbuh subur di tempat lembab. Semakin kusam lampu, maka akan semakin buruk penerangannya.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Meski dengan Dana Terbatas

Selain itu, potensi korsleting dengan embun atau air di dalam lampu, besar terjadi. Selanjutnya, merusak jaringan kelistrikan lampu atau jaringan kelistrikan lainnya yang terhubung di dalam mobil.

Cara mengatasi lampu depan berembun ini yakni cukup mudah, nyalakan lampu seperti biasa dalam bebrapa menit, panas dari lampu akan membuat embun hilang dengan sendirinya.

Namun cara ini tergantung juga dengan pori-pori lampu utama. Bila embun sudah menjadi genangan air maka tidak ada acara lain selain membuka mika lampu tersebut.

Cara mengatasinya yakni dengan periksa bagian belakang rumah lampu kemudian lihat bagian lubang udara apakah tersumbat ataukah tidak.

Ketika mika sudah terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Kemudian keringkan dan bersihkan, lalu pasang kembali mika lampu dengan rapat jangan sampai timbul celah sedikitpun.

Baca Juga: Resmi hadir, berapa harga Toyota Vios Facelift?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here