Asa Warga di Atas Puing Kampung Akuarium, Janji Anies Baswedan

0
831
Kampung Akuarium

Janji Anies Baswedan, Asa Warga Kampung Akuarium

Indowarta.com – Penataan Kampung Akuarium, Penjaringan Jakarta Utara sejauh ini masih dalam tahap perencanaan. Rencana pembangunan kembali kampong yang digusur oleh Pemprov DKI Jakarta Era Basuki Tjahaja Purnama alias ahok ini baru sebatas pada tahap perencanaan desain.

Hal ini diakui oleh coordinator wilayah Kampung Akuarium Dharma Diani (45). Saat ini, Warga Kampung Akuarium sudah menyelesaikan perencanaan dan desain penataan Kampung Akuarium. Ia mengatakan dalam waktu dekat konsultan dari Pemprov DKI Jakarta akan datang untuk meninjau kampong akuarium.

Baca Juga: Saat Mobilnya Diderek Dishub, Ratna Sarumpeat Langsung Telepon Anies Baswedan

“Warga kampung sudah menyiapkan desain, visi misi kami sudah punya semua,” kata Diani saat ditemui CNNIndonesia.com di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (17/4).

Anies Baswedan di Kampung Akuarium
Anies Baswedan di Kampung Akuarium Copyright© Kompas

Menurut Diani, Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin oleh Anies BaswedanSandiaga Uno masih belum memulai pembangunan penataan Kampung Akuarium.

“Pembangunan belum. Baru pendataan warga,” kata Diani.

Diani yang berperan sebagai wakil dari Warga berharao agar Anies Baswedan dan Sansidaga Uno segera memuhi janji untuk menata kembali Kampung akuarium.

Pemprov DKI sendiri sudah memastikan bahwa Penataan Kampung Akuarium direncanakan rampung dalam kurun waktu 2 tahun ke Depan. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman DKI Jakarta Agustino Darmawan menyebut pihaknya tidak ingin warga terlalu lama terkatungt-katung dengan tempat tinggal yang tidak jelas.

“Kita secepatnya rencana bangun ini. Paling lama ya dua tahun,” kata Agustino saat dihubungi, Rabu (11/4).

Baca Juga: Berita Terkini: Begini Tanggapan Anies Sandi Soal Penertiban Lagi Kampung Akuarium!

Di sisi lain, beberapa warga mengaku merasa tidak dilibatkan dalam penataan Kampung akuarium ini, padahal anise Baswedan menerapkan Program Community Action Plan (CAP) dalam menata 16 Kampung di Jakarta, Termasuk Kampung Akuarium.

Dalam program tersebut seluruh masyarakat kampung seharusnya dilibatkan dalam perencanaan pembangunan dan penataan kampungnya.

Upi Yunita (39), tokoh masyarakat Kampung Akuarium mengaku tidak dilibatkan dalam perencanaan penataan Kampung Akuarium bersama Pemprov DKI.

“Kami tidak pernah dilibatkan dalam hal apapun, baik musyawarah, dalam ide-ide dalam pembangunan atau sejenis, apapun kami tidak pernah dilibatkan,” kata Upi.

Upi pun mengaku tidak tahu alasan warga tidak dilibatkan menata Kampung Akuarium.

Baca Juga: Berita Terkini: Kampung Akuarium Akan Ditertibkan Lagi Minggu Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here