Kisah Hilangnya Jasad Saddam Hussein Dari Dalam Kubur

0
761
Saddam Hussein
Saddam Hussein Copyright© AFP Photo

Hilangnya Jasad Saddam Hussein dari Kuburan, Jenazah Masih Utuh?

Indowarta.com – Pertarungan yang sengit antara Pasukan Pemerintah yang didukung dengan kekuatan milisi Syiah mewan para militant ISIS di Tkrit pada tahun 2015 lalu nyatanya membuat makam mantan pemimpin Irak Saddam Hussein nyaris tidak diketahui.

Menurut BBC pada 16 Maret 2015 lalu, apa yang dulunya merupakan mausoleum megah di Desa Al Awja kini hanya tersisa onggokan pilar penyangga.

Baca Juga: Walau Sudah Dijaga Ketat Bak Raja, Badak Putih Satu-satunya di Dunia Ini

Namun, tidak ditemukannya jasad di sana. Tahun 2014 lalu warga Sunni setempat memindahkan jenazah Saddam Hussein ke lokasi yang dirahasiakan.

Pendudukan makam ini terjadi saat pertempuran terkonsentrasi di utara dan selatan Tikrit Minggu 15 Maret 2015, dimana pasukan Irak bersumpak akan menguasi kota dalam waktu 48 jam.

Mausoleum yang tinggal reruntuhan berada di selatan kota, Potret Saddam Hussein seukuran poster yang sebelumnya ada di sana digantikan dengan bendera milisi Syiah dan gambar sejumlah pimpinan mereka termasuk Jenderal Iran Qassem Soleimani.

“Ini adalah area di mana militan ISIS berkumpul, karena makam Saddam ada di sini,” kata Kapten Yasser Nu’ma, pimpinan para milisi. “Militan ISIS berusaha menjebak kami dengan cara memasang ranjau bom.”

Baca Juga: Stephen Hawking Sosok Provokatif dan Antagonis itu Meninggal Dunia di Usia 76 Tahun!

Pada Agustus 2014 lalu, ISIS mengatakan bahywa makam Saddam Hussein telah hancur. Namun, Pejabat setempat membantah informasi tersebut. Mausoleum tersebut hanya dirampok dan hanya mengalami kerusakan kecil.

Baru-baru ini, Publik dunia dihebohkan dengan beredarnya video di channel Youtube yang menampilkkan jenazah mantan presiden Irak Saddam Hussein masih utuh.

Padahal diketahui bahwa Saddam Husein tewas digantung lebih dari 12 tahun lalu yakni pada 30 Desember 2006. Di Pangkalan Militer AS di Kazimain, Baghdad.

Sebelum melaksanakan hukuman gantung pada Saddam Hussein, Koalisi Amerika Serikat menggulingkan Saddam Hussein, 15 tahun setelah invasi mereka pada 9 April 2003 silam.

Baca Juga: Ratusan Foto Tanpa Busana Tentara Wanita AS di Hoes Hoin Langsung Dihapus!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here