Empat Menteri yang Diperiksa Soal Kasus Reklamasi

0
2823
Empat Menteri yang Diperiksa Soal Kasus Reklamasi
Empat Menteri yang Diperiksa Soal Kasus Reklamasi Copyright© Detik

Menteri yang Diperiksa Soal Kasus Reklamasi

Indowarta.com – Bermula dari polemic yang tengah berkembang di Masyarakat tentang proyek Reklamasi di Teluk Jakarta, Polisi kemudian menyelidiki duduk perkara dan persoalan ini terkait reklamasi tersebut. Polisi melakukan penggalian data untuk menemukan kebenaran proses pengerjaan reklamasi tersebut.

Menurut penyelidikan mengenai ada atau tidaknya unsur pidana yang dilakukan Sub Direktorat Sumber Daya Lingkungan Direktorat Kriminal Khusus (Subdit Sumdaling Direskrimsus) Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Penyebar Video Pengembang Reklamasi Ditangkap!

Pada 12 Oktober 2017, Polisi mulai selidiki data reklamasi. Beberapa saat penyelidikan berlangsung polisi mengutarakan dugaan korupsi nilai jual objek pajak (NJOP) dalam megaproyek ini.

WAJIB BACA :  Berita Terkini : Inilah Dampak Nyata Yang Akan Timbul Saat Reklamasi Teluk Jakarta Diabaikan !
Empat Menteri yang Diperiksa Soal Kasus Reklamasi-
Empat Menteri yang Diperiksa Soal Kasus Reklamasi – Copyright© Akadata

Empat Menteri Diperiksa

Lama tidak terdengar perkembangannya polisi ternyata telah memerika empat orang menteri.

Mereka adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang yang juga Kepala Badan Pertahanan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang kemaritiman (Menko Maritim) Luhut B Panjaitan, Menteri Kelautan dan perikanan Susu Pudjiastuti dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Baca Juga: Diindikasi Korupsi, Polisi Panggil Ahok dan Anies Baswedan Soal Teluk Jakarta!

Untuk Sofyan diperiksa pada Bulan Februari 2018 lalu, kala itu beliau dicecar dengan sejumlah pertanyaan terkait penerbitan Hak Penggunaan Lahan (HPL) dan Hak Guna Bangunan (HGB) untuk pulau reklamasi.

Sedangkan Luhut dan Susi beserta Siti diperiksa sekitar bulan Maret 2018 kemarin.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ketok Palu, PTUN Batalkan SK Reklamasi Pulau K!

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan Luhut, Susi dan Siti diperiksa terkait diterbitkannya surat Menko Maritim Nomor S-78 001/02/Menko/Maritim/X/2017 pada 5 Oktober 2017 tentang pencabutan penghentian sementara (moratorium) pembangunan proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Adi mengatakan, kasus reklamasi tetap berjalan. Menurutnya, tak menutup kemungkinan ada pihak lain yang akan dipanggil untuk penyelidikan kasus reklamasi.

Baca Juga: Polisi Selidiki Reklamasi Teluk Jakarta!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here