Hari Kartini, Diperingati Setiap Tanggal 21 April

0
716
Hari Kartini
Copyright©Liputan6

Makna Hari Kartini yang Diperingati Setiap Tanggal 21 April

Indowarta.comHari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April, Tanggal peringatan ini sesuai dengan Hari kelahiran Raden ajeng Kartini yang lahir di Jepara, Jawa Tengah Pada Tanggal 21 April 1879. Kartini dikenal sebagai Pelopor kebangkitan perempuan Pribumi Indonesiua saat masih berada di bawah penjajahan Kolonial Belanda.

Kartini adalah Putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, Seorang Priyayi dari Kalangan Ningrat Jawa Tengah. Tidak lama setelah Kartini Lahir, Ayah yang semula menjabat sebagai seorang patih diangkat menjadi Bupati Jepara. Sementara ibunya adalah M.A. Ngasirah, seorang anak dari Tokoh Agama terkenal di Jepara. Kyai Haji Madirono dan masih memiliki garis keturunan dari Trah Mataram tepatnya Kesultanan Kgayogyakarta Hadiningrat.

Baca Juga: Jangan Lupa, Perpanjang SIM A dan C Gratis di Hari Kartini

Arti dan Makna Hari Kartini Bagi kaum wanita yaitu sebagai pengingat Bangsa Indonesia pernah memiliki wanita Pelopor pejuang keadilan. Beliau adalah seorang pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia yang terkenal gigih memperjuangkan emansipasi atau kesetaraan Gender selama hidupnya. Yang jelas Hari Kartini sendiri memiliki makna yang begitu dalam dan besar sehingga terus diperingati setiap tahunnya.

Sejumlah Pejabat perempuan pun memiliki makna tersendiri terhadap Hari Kartini. Salah satunya adalah menteri Sosial Khififah Indar Parawarsa yang Kini sudah mundur dari jabatannya lantaran nyagub di Jawa Timur.

Beliau menyebut bahwa Makna dari merayakan Hari Kartini sendiri merupakan wujud syukur kepada sosok Kartini yang telah memberikan semangat bagi perempuan di Indonesia untuk dapat berkembang lebih baik pada berbagai sektor.

Baca Juga: Mengungkap Tabir Misteri Kematian RA Kartini, Benarkah Karena Diracun?

“Bisa memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh perempuan Indonesia untuk terus belajar dan lebih produktif lagi. Mudah-mudahan perempuan Indonesia sehat sejahtera semua,” tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta,

R.A. Kartini itu berfikir out of the box. Dia melakukan penjangkauan pemikiran di luar zamannya. Di luar tradisi di luar kultur yang menjunjungnya. Ini menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi seluruh perempuan Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga: Berbagai Kata Bijak dan DP BBM Selamat Hari Kartini Terbaru yang Bikin Kamu Makin Eksis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here