Berbagai Spekulasi Soal Percakapan Rini Soemarno dan Sofyan Basir

0
728
Rini Soemarnodan Jokowi
Rini Soemarnodan Jokowi Copyright ©Tirto

Kementrian BUMN Akui Rekaman Percakapan yang Berdedar

Indowarta.com – Rekaman percakapan antara seorang perempuan dan laki-laki di sosial media sejak Jumat 27 April 2018. Percakapan yang terjadi melalui sambungan telepon tersebut ramai diperbincangkan karena diduga merupakan Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir.

Cuplikan rekaman tersebut dibuka dengan suara perempuan, dalam rekaman tersebut Si perempuan membahas soal pembagian saham untuk PT PLN (Persero) dan PT Pertamina,

Baca Juga: BUMN Buka Lowongan Kerja Ini, Tertarik?

“Ya ya ya. Yang penting gini pak, saya ambil ini dua Pertamina ya pak sama PLN. Ya keduanya punya saham lah dikasih kecil,” ucap si perempuan dalam rekaman yang diunggah akun instagram @politisi_magang, Jumat (27/4) dua hari yang lalu.

Setelah itu, muncul suara seorang laki-laki yang berkata “Saya kemarin bertahan bu. Ya kan beliau ngotot.”

“Sama PLN,” kata perempuan.

Si laki-laki kembali menimpali, “PLN waktu itu kan saya ketemu Pak Ari juga Bu. Saya bilang Pak Ari mohon maaf masalah share ini kita duduk bareng lagi lah Pak Ari.”

“Saya terserah bapak-bapak lah. Saya memang kan konsepnya sama-sama Pak Sofyan.” Si perempuan melanjutkan, “Jadi masalah-masalah offtake. Kalau tidak dapat offtake dari sana juga tidak dapat pendanaan gitu loh.”

Rini Soemarno-
Rini Soemarno – Copyright ©PoskotaNews

Dari cuplikan rekaman tersebut seolah sedang ada persekongkolan bagi-bagi hatah saham di proyek BUMN, di salah satu bagian rekaman memperdengarkan pembagian jatah sampai 15 persen dan proyek PLN dan Pertamina.

Baca Juga: Apa Imbasnya Jika Dolar AS Capai Rp 14.000?

Laki-laki berkata: “ya enggak apa Bu. Cuma 15 persen berdua saya bilang ‘ya enggak nett lah pak.’ Saya bilang ‘jangan segitu lah Pak, kan malu saya sebagai Dirut PLN masak dapat 7,5 persen’ Saya bilang gitu. ‘Kamu jangan dagang di situ, kamu dagang listrik.’ Lah iya pak, tapi nanti kan orang bertanya sama saya.”

Setelah beredarnya rekaman tersebut, Sekretaris Kementrian BUMN Imam Apriyanti Putro memberikan klarifikasi dan mengatakan bahwa rekaman tersebut memang suara Rini Soemarno dan Sofyan Basir namun sudah melalui proses penyuntingan.

Kementerian BUMN menegaskan bahwa percakapan tersebut bukan membahas tentang bagi-bagi fee sebagaimana yang dicoba digambarkan dalam penggalan rekaman suara tersebut,” ujar Imam.

Baca Juga: PA 212 Klaim Umat Akan Benci Jokowi Jika Tidak Hentikan Kasus Habib Rizieq Shihab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here