Sejarah Panjang Hari Buruh 1 Mei Sampai Masuk Indonesia

0
591
Hari Buruh Internasional
Hari Buruh Internasional Copyright ©Inikata

Sejarah Panjang Hari Buruh yang Diperingati Tiap 1 Mei

Indowarta.com – Menyebut kata May Day pasti akan langsung tertuju pada Hari Buruh yang biasa diperingati pada Tanggal 1 Mei tioap tahunnya. Selain itu, pastinya juga akan terbersit soal aksi demonstrasi yang biasa dilakukan oleh para pekerja atau kelompok serikat buruh.

Namun tahukah kita bahwa perjalanan cukup panjang hadir dibalik peringatan 1 Mei sebagai hari buruh di manapun tersebut.

Hal ini rupanya berawal dari tahun 1806, dimana hampir seluruh bagian jalan di Negara Amerika Serikat dipenuhi dengan pekerja. Mereka mayoritas berasal dari para pekerja Corwainers itu melakukan mogok massal.

Baca Juga: Selamat Hari Buruh Jadi Trending Topik Terhangat di Twitter!

Tidak tanggung-tanggung, peristiwa mogok yang dilakukan secara massif ini memuat jumlah massa yang cukup banyak. Dimana saat itu buruh diketahui bekerja selama 19 sampai 20 jam setiap harinya, mereka lalu memperjuangkan untuk pengaturan ulang jam kerja bagi buruh di Amerika Serikat.

Secara mengejutkan, mereka berhasil mengorganisir nya hingga ke meja pengadilan dan mengangkat fakta – fakta mengerikan yang terjadi pada buruh saat itu.

Hari Buruh
Tuntutan Buruh Aksi May Day 2018 Copyright ©RRI

Dari mogok massal itulah, muncul dua nama yakni Peter McGuire dan Metthew Maguire yang diketahui sebagai pekerja mesin dari New Jersey. Keduanya yang getol meminta kepada pemerintah agar memberikan pekerjaan dan uang lembur bagi para buruh.

Baca Juga: Pesawat Lion Air Tergelincir di Gorontalo Karena Roda Depan Patah

Sampai pada tanggal 1 Mei 1886, terjadi demonstrasi buruh besar di Amerika Serikat. Demonstrasi ini dilakukan oleh sekitar 400 ribu buruh. Dalam aksi kali ini dilakukan selama 4 hari sejak 1 sampai 4 Mei 1886.

Tepat pada tanggal 4 Mei, para buruh melakukan aksinya dengan pawai keliling. Namun, polisi Amerika yang tengah berjaga selama 4 hari 4 malam tak kuasa menahan emosi. Satu persatu, polisi menembaki para demonstran secara membabi – buta. Akibtanya, ratusan orang tewas tertembus timah panas polisi, peristiwa ini dikenal sebagai peristiwa Haymarket.

Akibat aksi yang luar biasa pada tahun 1886, tahun 1889 diselenggarakanlah Kongres Sosialis Dunia di Paris. Pada pertemuan ini, disepakati bahwa peristiwa heroik yang terjadi di Amerika pada tanggal 1 Mei 1886 sebagai hari buruh internasional dan melahirkan sebuah resolusi yang disambut baik oleh beberapa negara sejak 1890.

Khusus untuk Hari Buruh di Indonesia, pertama kali diperingati pada tahun 1920. Menariknya gerakjan May Day di Indonesia ini tidak hanya dilakukan oleh para pekerja, namun sejumlah Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan Masyarakat serta masyarakat umum.

Baca Juga: Briptu Nova Ijab Kabul “Video Call” Lolos Seleksi Polisi PBB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here