KSPI Ajukan Syarat Ini Saat Dukung Prabowo di Pilpres 2019

0
950
Prabowo
Copyright©CNN Indonesia

Dukungan Bersayarat KSPI untuk Prabowo di Pilpres 2019

Indowarta.comKonfederensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) memutuskan akan mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dalam Pilpres 2019.

Rencananya, mereka akan mendeklarasikan dukungan ini pada Peringatan Hari Buruh Internasional besok 1 Mei 2018.

Deklarasinya sendiri direncakanan akan dihadiri sekitar 100 ribu anggota KSPI.

Baca Juga: Melihat dan Membandingkan Harta Kekayaan Jokowi dan Prabowo

“Di Istora, kami akan deklarasi calon presiden yang didukung buruh, yaitu Prabowo Subianto,” ujar Presiden KSPI Said Iqbal, Minggu (29/4/2018).

Selanjutnya, Said Menjelaskan bahwa pemilihan presiden adalah momen yang krusial. Sebab, presiden terpilih akan menentukan arah kebijakan termasuk dalam bidang ketenagakerjaan dan paket kebijakan ekonomi yang akan berdampak langsung kepada buruh.

WAJIB BACA :  Gatot Nurmantyo dan Harapan Kejutan Oposisi di Pilpres 2019 !

Alasan kenapa KSPI dukung Prabowo di Pilpres 2019 adalah karena paket kebijakan ekonomi pemerintahan Presiden Joko Widodo dinilai merugikan buruh.

“14 paket kebijakan ekonomi pemerintahan Pak Joko Widodo bagi kami merugikan buruh, termasuk PP Nomor 78 (Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan),” kata Said.

Presiden KSPI
Presiden KSPI Copyright ©Kompas

Selenjutnya, Prabowo harus menandatangani kontrak politik sebagai syarat untuk mendapatkan dukungan dari KSPI pada Pilpres 2019.

Said menjelaskan, ada 10 butir tuntutan dalam kontrak politik itu atau disebut sepultura (10 tuntutan rakyat dan buruh). Lima di antaranya yaitu:

Baca Juga: Fahri Hamzah begitu Yakin Jokowi Tak Dapat Tiket Pilpres 2019

  1. Tolak upah murah dengan mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, dan merealisasikan 84 item kebutuhan hidup layak (KHL).
  2. Hapus outsourcing.
  3. Tingkatkan benefit jaminan sosial, jaminan kesehatan, dan jaminan pensiun.
  4. Angkat guru honor dan tenaga honor menjadi pegawai negeri sipil.
  5. Sediakan perumahan buruh yang murah.
WAJIB BACA :  SBY-Prabowo Bakal Bertemu pada 18 Juli, Bahas Pilpres 2019 !

Alasan KSPI memilih Prabowo ini bukan karena alasan tertentu, sebelumnya KSPI juga pernah meminta bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk menyodorkan kontrak politik tersebut, namun belum direspons.

“Dari beberapa calon presiden yang kami diskusikan, bertemu langsung, dialog, akhirnya Pak Prabowo yang bersedia menandatangani itu dan ada partai yang mengusung,” kata Said.

Baca Juga: Survei Kompas, JK dan Prabowo Jadi Cawapres Jokowi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here