PDIP Masih Kocok-Kocok Nama Cawapres Jokowi

0
527
Megawati Kantongi Nama Cawapres Pendamping Jokowi-
Megawati Kantongi Nama Cawapres Pendamping Jokowi- Copyright© Okezone

PDIP Belum Tentukan Cawapres Jokowi

Indowarta.com Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga kini masih “kocok” nama-nama calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Joko Widodo di Pemilihan Presiden (Pilpres 2019).

Partai dengan lambing kepala banteng bermoncong putih ini diketahui memiliki pola penjaringan tersendiri, diantaranya yakni melalui kategori daftar panjang, daftar pendek, dan daftar prioritas.

Baca Juga: KSPI Ajukan Syarat Ini Saat Dukung Prabowo di Pilpres 2019

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengakui nama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan masuk dalam bursa penjaringan. Namun, ia tidak tahu nama Budi masuk dalam kategori apa di dalam pola penjaringan cawapres di partainya.

WAJIB BACA :  Dua Kali Lipat! Jokowi Minta Anggaran PKH Tahun Depan Dinaikkan

“Bisa juga masuk daftar pendek dan daftar prioritas. Kami tidak tahu. Yang masuk daftar pendek dan prioritas hanya Ketum (Megawati) yang tahu,” ujarnya saat dikonfirmasi Okezone, Senin (30/4/2018).

Menurut Hendrawan, nama-nama pendamping Jokowi harus masuk ke dalam daftar panjang terlebih dahulu sebelum masuh dalam daftar pendek dan daftar prioritas.

Rakernas PDIP
Copyright ©Twitter/Pramono Anung

Figure yang masuk dalam daftar panjang, artinya akan masuk dalam kriteria umum, sedangkan figure yang masuk ke dalam daftar pendek berarti telah memenuhi kriteria spesifik dan dikomunikasikan antar parpol.

Sementara itu, Figur yang masuk dalam daftar prioritasartinya telah memenuhi kriteria yang diingan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara spesifik, dan memiliki kecocokan atau kedekatan dengan Jokowi selaku calon presiden capres di 2019.

WAJIB BACA :  Fahri Hamzah Minta Pemfitnah Jokowi Dipenjara, Begini Tanggapan Faizal Assegaf

“Itu kan bertahap,” jelas Hendrawan.

Baca Juga: PA 212 Klaim Umat Akan Benci Jokowi Jika Tidak Hentikan Kasus Habib Rizieq Shihab

Terpisah, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan, Budi Gunawan memiliki potensi untuk lolos dalam penjaringan cawapres Jokowi oleh PDIP. Sebab, mantan Wakapolri itu memiliki kedekatan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Dilihat dari kedekatan Megawati dengan Budi Gunawan. Bisa saja Megawati mengusulkan Budi Gunawan untuk menjadi Cawapresnya Jokowi,” kata Ujang kepada Okezone.

Meski demikian, Ujang menilai Jokowi sesungguhnya membutuhkan figure Cawapres yang memiliki karakter seperti Jusuf Kalla. Sebab itu bisa mendongkrak kekuatan electoral Jokowi di 2019 nanti.

WAJIB BACA :  Dua Kali Lipat! Jokowi Minta Anggaran PKH Tahun Depan Dinaikkan

“Figur yang seperti JK. Ekonom, kaya pengalaman, dekat dengan umat Islam, berasal dari luar Jawa, dan bisa menambah elektoral Jokowi,” pungkas dia.

Baca Juga: PA 212 Ungkapkan Isi pertemuan Habib Rizieq Shihab dan Politikus PDIP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here