Siapakah Pencuri Soal UNBK SMP di Surabaya?

0
518
Pencuri Soal UNBK SMP-
Ilustrasi Pencuri Soal UNBK SMP - Copyright © Liputan6

Siapa Pencuri Soal UNBK SMP?

Indowarta.com Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya mengungkap kasus pencurian soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Pertama di Kawasan Surabaya Utara, Jawa Timur.

“Pelakunya berinisial IM, usia 38 tahun, dan TH, usia 45 tahun, keduanya warga Kota Surabaya. Sudah kami tetapkan tersangka sejak dua hari yang lalu,” ujar Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Rudi Setiawan dalam jumpa pers di Surabaya, Senin petang, 30 April 2018, dilansir Antara.

Baca Juga: Apa Itu Simulasi UNBK?

Kedua tersangka tercatat sebagai karyawan di SMP, tempat soal-soal UNBK yang dicuri tersebut berasal.

“IM adalah teknisi di sekolah itu, sedangkan TH adalah staf Tata Usaha,” katanya.

WAJIB BACA :  UNBK SMA 2018 Lancar Tanpa Kendala

Lebih lanjut, Rudi mengungkapkan terbongkarnya kasus ini berawal dari adanya informasi kebocoran soal UNBK di sebuah lembaga bimbingan belajar yang berlokasi di kawasan Jolotundo Surabaya.

Pencuri Soal UNBK SMP
Ilustrasi Pencuri Soal UNBK SMP – Copyright © Liputan6

“Soal-soal UNBK itu oleh tersangka dipotret. Lalu dikirim melalui pesan ‘Whatsapp’ yang kemudian didistribusikan kepada siswa-siswa di lembaga bimbingan belajar kawasan Jalan Jolotundo Surabaya,” ujarnya.

Penyelidikan polisi menemukan pengiriman soal-soal UNBK tersebut berasal dari satu nomor telepon seluler yang diketahui milik IM dan ia pun akhirnya mengakui perbuatan tersebut.

Baca Juga: UNBK SMA 2018 Lancar Tanpa Kendala

Kepada penyidik, Pemuda yang baru bekerja sebagai teknisi di SMP Kawsan Surabaya Utara sejak Januari 2017 kemarin mencuri Soal pada 20 April 2018 atau selang 3 hari sebelum UNBK Tingkat SMP atau sederajat dilangsungkan.

WAJIB BACA :  Daftar Sekolah Peraih Nilai Terbaik UNBK di Jakarta!

Dia membobol lima komputer siswa yang berada di ruang laboratorium komputer setelah memperoleh alamat identitas personal (IP Adress) dari tersangka TH.

“Dengan IP Adress itu, IM dapat mengakses soal-soal UNBK yang akan diujikan dari lima unit komputer siswa yang terletak di ruang laboratorium. Tersangka IM dengan leluasa mengakses dan memotret soal-soal UNBK tersebut dari sebuah komputer yang berlokasi di ruang Laboratorium IPA,” ujar Rudi.

Baca Juga: Dimulai April 2018, Ini Jadwal Lengkap UNBK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here