Manfaat Luar Biasa yang Dapat Diperoleh dari Puasa

0
442
Manfaat Luar Biasa yang Dapat Diperoleh dari Puasa
Manfaat Luar Biasa yang Dapat Diperoleh dari Puasa Copyright © Khasimanfaat

Manfaat Puasa

Indowarta.com Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Pada momen ini, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa.

Mereka harus menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, namun puasa ini rupanya tidak hanya dikenal di kalangan Umat Muslim saja.

Komunitas kesehatan juga meyakini puasa mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan, dilansir dari laman lifehack, Nathan Hewitt, pakar diet dari inggris memaparkan 10 manfaat luar biasa dari berpuasa.

Baca Juga: Bolehkah Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh?

  • Menurunkan Berat Badan

Puasa bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan, Puasa intermiten memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, bukan gula.

  • Meningatkan Sensitivitas Insulin

Puasa terbukti memiliki efek positif pada sensivitas insulin. Ini memungkinkan tubuh mentolransi karbohidrat (gula) lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan setelah periode berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam “memberitahu” sel untuk mengambil glukosa dari darah.

  • Meningkatkan Metabolisme

Puasa membuat sistem pencernaan kita beristirahat. Ini dapat memberi energi pada metabolism untuk membakar kalori lebih efisien.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan Harus Dilakukan di Malam Hari, Kalau Lupa?

Jika pencernaan buruk, maka kondisi itu dapat mempengaruhi kemampuan untuk metabolism makanan dan membakar lemak.

  • Meningkatkan fungsi otak

Puasa telah terbukti meningkatkan fungsi otak, karena meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurorothrohic factor (BDNF).

BDNF mengaktifkan sel induk otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu banyak bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan saraf.

Protein ini juga melindungi sel-sel otak kita dari perubahan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Puasa dapat membantu membersihkan kulit dan mencegah munculnya jerawat. Ini terjadi karena saat tubuh yang sementara bebas dari aktivitas dalam proses pencernaan, ia dapat memfokuskan energi regeneratifnya pada sistem lain. Tidak makan apa pun selama satu hari terbukti membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan bagian lainnya.

Baca Juga: Timnas Mesir Dapat Keringan Saat Puasa Ramadhan di Piala Dunia 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here