Klarifikasi Abdul Somad Soal Video Ceramah Tentang Bunuh Diri

0
622
Utadz Abdul Somad
Utadz Abdul Somad Copyright © Detik

Klarifikasi Utadz Abdul Somad

Indowarta.com – tidak lama setelah bom di tiga gereja di Surabaya meletus, potongan video ceramah Utadz Abdul Somad soal bom bunuh diri jadi viral di media sosial. Abdul Somad menyatakan video itu dipotong sehingga kehilangan konteksnya, dia pun akhirnya memberikan klarifikasi.

Dalam potongan video berdurasi kurang dari dua menit itu, Abdul Somad menjelaskan mengenai bom bunuh diri di Palestina yang disebutya bukan prilaku bunuh diri, melainkan mati syahid. Potongan video ini begitu viral dan mendapatkan tanggapan yang beragam, termasuk yang menyudutkan Abdul Somad.

Baca Juga: Perburuan Densus 88 Diyakini Buat ISIS di Indonesia Panik

Abdul Somad kemudian memberikan klarifikasi. Klarifikasi itu dia sampaikan di sela-sela ceramah. Video klarifikasi tu diunggah oleh FSRMM TV pada 14 Mei 2018.

Klarifikasi Utadz Abdul Somad
Klarifikasi Utadz Abdul Somad Copyright © Youtube

“Dua hari ini video mengenai saya menjawab pertanyaan di Annur lebih-kurang dua-tiga tahun yang lalu, diviralkan lagi. Tapi video itu dipotong. Saya masih ingat, lokasi kajian subuh itu ada di Annur kajian subuh Sabtu. Waktu itu ada pertanyaan, ‘apa pendapat ustad tentang bom bunuh diri di Palestina’,” ujar Abdul Somad mengawali penjelasannya.

Baca Juga: Cerita Anak Dari Pelaku Bom di Surabaya “Ayah Sering Mengajak Berjihad”

Abdul Somad Kemudian menjawab bahwa apa yang terjadi di Palestina tersebut bukan termasuk orang meninggal dalam keadaan bunuh diri.

“Karena saudara kita di Palestina itu bukan bunuh diri, tapi mati syahid. Lalu video itu dipotong dan beberapa saat yang lalu, saat ada bom di Kampung Melayu, video itu viral lagi. Saat ada bom di Surabaya, viral lagi. Lalu ada nanti kompor orang meletup, nanti viral lagi,” tutur Abdul Somad.

Somad menggarisbawahi ada perbedaan antara kondisi di Palestina dan belahan dunia lainnya. Penjelasannya ini, kata Somad, dihilangkan dari potongan video yang viral tersebut.

Baca Juga: Begini Kondisi Polisi yang Menghadang Pelaku Bom di Polrestabes Surabaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here