Saat Ini, Kopassus Sudah Bersama Densus 88 Berantas Terorisme

0
1767
Bom Panci
Copyright©theglobalistquorum

Kopassus dan Densus 88 Berantas Terorisme

Indowarta.com Mekipun keterlibatan TNI dalam pemberantasan terorisme masih terus digodok dalam RUU Antiterorisme di DPR. Polri memastikan sudah ada TNI yang terjun bersama Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri.

 “Sebagai informasi, saat ini pun Kopassus sudah bersama-sama Densus 88,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Aksi Turun Gunung Kopassus dalam pemberantasa terorisme ini menyusul permintan langsung dari Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian kepada Panglima TNI agar memberikan bantuan untuk menangani ancaman terorisme.

Baca Juga: Hanya Satu Keluarga Ini yang Hadiri Pemakaman Terduga Teror di Sidoarjo

Menurut Setyo, TNI sendiri sudah memiliki kemampuan kontra-terorisme. Oleh karena itu, bila diperlukan, Polri pasti akan meminta bantuan TNI dalam pemberantasan terorisme.

Kopassus
Kopassus Copyright © Merdeka

Meskipun RUU Antiterorisme masih digodok, Keterlibatan TNI dalam pemberantasan terorisme sudah diatur dalam UU TNI itu sendiri,

Namun, mengenai bentuk teknisnya di lapangan, Setyo enggan mengungkapnya. Hal ini dikerenakan operasi teknis tersebut sangat dirahasiakan. Jangankan keterlibatan TNI, kerja Densus 88 saja, kata dia, kerap diam-diam. “Densus sendiri kadang-kadang polres tidak dikasih tahu. Yang jelas TNI sudah ikut bersama-sama dengan Densus 88,” kata dia.

Baca Juga: Densus 88 Menemukan Bahan Peledak di Rumah Orangtua Terduga Teroris di Probolinggo

Selain itu, Anggota Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang-undang (RUU) No. 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Arsul Sani, mengungkapkan, ada dua rencana skema pelibatan TNI yang berkembang dalam pembahasan.

 Ia mengatakan, pelibatan TNI bisa dilakukan dengan basis peristiwa di mana Polri tak memiliki keahlian untuk menanganinya. Arsul mencontohkan, TNI bisa dilibatkan dalam pemberantasan terorisme pada peristiwa pembajakan kapal laut dan pesawat.

Kedua, TNI bisa dilibatkan dalam pemberantasan terorisme berdasarkan skala ancaman yang terjadi.

Baca Juga: Jika Juni Nanti RUU Antiterorisme Belum Selesai, Jokowi Akan Keluarkan Perppu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here