Menghitung Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo

0
1239
Prabowo
Copyright©nusantaranews

Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo

Indowarta.com – Baru saja, Charta Politika merilis hasil survei nasiional soal elektabilitas calon presiden di Pilpres 2019 nanti. Nama Joko Widodo atau Jokowi masih menempati elektabilitas paling tinggi.

Jokowi mendapatkan presentase 51.2 Persen kemudian diikuti dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Angka 23.3 Persen.

Selain itu, Charta Politika juga membandingan hasil tersebut dengan hasil survey dari Litbang Kompas, dimana Jokowi mendapatkan angka 55,9 persen dan Prabowo 14 Persen.

Baca Juga: Fadli Zon Curigai Empat Stafsus Tambahan Buat Presiden Jokowi

“Artinya, kalau kita lihat ada tendensi kenaikan dari angka 14 persen hasil survei Litbang Kompas sebelumnya terhadap Prabowo, ini 2 hari setelah 11 April setelah deklarasi internal Prabowo,” ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, di Jakarta, 21 Mei 2018.

WAJIB BACA :  Pro Kontra Pembuatan Patung Jokowi di NTT Diminta Dikaji Ulang !

Selain dua lembaga tersebut, Elektabilias Jokowi Vs Prabowo juga dirilis oleh lembaga survei lain sepanjang 2018.

Menakar_Elektabilitas_Jokowi_Vs_Prabowo
Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Copyright © LIputan6

Menurut Yunarto, Deklarasi Internal Prabowo Subianto cukup berpengaruh dan berimplikasi terhadap naiknya elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Namun, penurunan hasil survey Jokowi setelah deklarasi Prabowo pun tidak signifikan.

Baca Juga: Cak Imin, Lebih Tepat Bergabung dengan Prabowo

“Penurunan di Jokowi apakah signifikan? Tidak, tapi di Prabowo sedikit signifikan. Berarti ada pengaruh,” kata dia.

Di luar kedua nama tersebut, ada lima nama lainnya yang masuk dalam daftar capres. Walaupun, elektabilitas mereka hanya di bawah 6 persen.

Di antaranya, Gatot Nurmantyo sebesar 5,5 persen, Anies Baswedan 3,4 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,7 persen. Lalu ada M Jusuf Kalla 2,0 persen dan Muhaimin Iskandar 0,6 persen. Sedangkan 11,5 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Baca Juga: PKS Siap Ikut Gabung Jika Prabowo Gandeng AHY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here