Mengapa 1 Juni Jadi Hari Kelahiran Pancasila?

0
1437
Hari Kelahiran Pancasila -
Hari Kelahiran Pancasila - Copyright© HaluanNews

Sejarah Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni

Indowarta.com – Jumat 1 Juni 2018 besok adalah hari libur Nasional. Rakyat Indonesia bakal memperingatinya sebagai Hari Kelahiran Pancasila. Pancasila sendiri merupakan falsafah hidup rakyat Indonesia dan dasar negara.

Baca Juga: 5 Terduga Teroris di Probolinggo Sudah Berstatus Tersangka

Mengutip pernyataan mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra, dia menyatakan Pancasila lahir tanggal 18 Agustus 1945 bukan 1 Juni, Sementara Presiden Joko Widodo menetapkan hari lahir Pancasila adalah 1 Juni.

Lalu apa alasan Presiden Jokowi yang sejak 2016 telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila?

Sejarawan Asvi Warman Adam mengungkapkan bahwa alasan Jokowi menetapkan1 Juni sebagai Hari Kelahiran Pancasila adalah Jokowi Ingin seluruh Masyarakat Indonesia mengetahui asal-usul Pancasila yang menjadi Ideologi dan dasar Negara.

“Rakyat itu, dalam pendapat saya, tidak menjadi bingung dengan adanya perbedaan pandangan yang sudah terjadi sejak awal di zaman Orde Lama. Jadi, itu awalnya adanya penetapan (Hari Kelahiran Pancasila),” ujarnya.

Hari Kelahiran Pancasila
Hari Kelahiran Pancasila Copyright© Media Tata Ruang

Kemudian, Asvi juga menjelasakan penetapan Hari Lahir Pancasila ini merupakan suatu hal yang sangat dinantikan sejak 47 Tahun yang lalu. Sebab pemerintahan Orde Baru melarang adanya peringatan Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga: Alfian Tanjung Divonis Bebas dalam Kasus Ujaran Kebencian

“Tapi, Orde Baru melarang peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni. Sepanjang Orde Baru, kita tahu, larangan-larangan itu masih berlaku,” kata dia.

Peneliti LIPI itu menuturkan, Pancasila sesungguhnya disahkan pada 18 Agustus 1945.

Namun, rangkaian pembuatan rumusan Pancasila sehingga menjadi lima poin seperti sekarang, ditentukan pada 1 Juni hingga 18 Agustus 1945.

“Pancasila yang kita kenal disahkan pada tanggal 18 Agustus itu adalah yang seperti sekarang ini. Tapi, rangkaiannya itu dari 1 Juni sampai 18 Agustus,” ujar dia.

Baca Juga: Setya Novanto Mulai Membayar Cicilan Uang Pengganti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here