Gunung Merapi Meletus, 4 Kecamatan di Kabupaten Semarang Dihujani Abu

0
566
Gunung Merapi
Gunung Merapi - Copyright© Detik

Empat Kecamatan di Kabupaten Semarang Dihujani Abu Gunung Merapi

Indowarta.com Sedikitnya ada empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang terdampak hujan Abu dari Gunung Merapi. Keempat wilayah tersebut meliputi Tengaran, Getasan, Ambarawa dan Banyubiru.

Baca Juga: Mengapa 1 Juni Jadi Hari Kelahiran Pancasila?

Humas SAR Bumi Serasi (Buser) Kabupaten Semarang, Oka Grana Novandra mengatakan, hujan abu dari Gunung merapi mulai memasuki wilayah Kabupaten Semarang.

“Kalau yang wilayah selatan sudah sejak tadi, sedangkan untuk di wilayah Ambarawa abu mulai sekitar 11.15 WIB. Sekarang ini mulai turun rintik-rintik, kemudian kalau Banyubiru di wilayah Desa Sepakung,” kata Oka saat dihubungi wartawan, Jumat (1/6/2018).

WAJIB BACA :  Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada

Bu tersebut terliuhat jelas di dedaunan, Genteng rumah, lantai maupun kaca mobil. Untuk itu pihaknya menghimbau warga masyarakat yang akan beraktivitas keluar rumah menggunakan masker.

Gunung Merapi -
Gunung Merapi – Copyright© Detik

“Hujan abu sampai sini. Untuk imbauan kepada warga masyarakat yang akan beraktivitas ke luar rumah untuk memakai masker atau ruff agar tidak terganggu saluran pernapasan,” ujar dia.

Baca Juga: 5 Terduga Teroris di Probolinggo Sudah Berstatus Tersangka

Hujan abu erupsi Gunung Merapi terjadi hingga Kota Salatiga. Karenanya, Pemkot Salatiga membagikan masker kepada warga.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengatakan, Pemkot Salatiga bergerak cepat setelah hujan abu merata di Salatiga. Pemkot Salatiga menyediakan 200 ribu masker dan sebagian yang telah dibagikan kepada warga masyarakat.

WAJIB BACA :  Gunung Merapi Meletus, Keluarkan Material Vulkanis, Warga Dihimbau Jauhi Jarak 3 KM

“Setelah ada hujan abu, kami langsung bergerak cepat membagikan masker kepada warga masyarakat. Kami siapkan sekitar 200 ribu, sebagian sudah dibagikan kepada warga masyarakat yang dikoordinir Dinas Kesehatan,” kata Haris saat dihubungi wartawan, Jumat (1/6/2018).

Baca Juga: Setya Novanto Mulai Membayar Cicilan Uang Pengganti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here