Dua Letusan Gunung Merapi Jumat Malam Merupakan Pelepasan Gas

0
632
Gunung Merapi
Gunung Merapi - Copyright© Detik

Pelepasan Gas Gunung Merapi Jumat Malam

Indowarta.com – Gunung Merapi pada Jumat Malam 1 Juni 2018 kembali meletus pada pukul 20.24 WIB dan 21.00 WIB. Dua letusan yang terjadi dalam selang waktu yang tidak begitu lama ini merupakan pelepasan gas.

Baca Juga: Gunung Merapi Meletus, 4 Kecamatan di Kabupaten Semarang Dihujani Abu

“Dua letusan ini (pukul 20.24 WIB dan 21.00 WIB) hanya merupakan pelepasan gas dari magma. Ini menunjukan produksi gas dari dalam masih terus terjadi,” ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida, Jumat (01/06/2018).

Dua letusan Merapi yang terjadi dalam kurun waktu cukup dekat ini merupakan yang ketiga kalinya dalam satu hari. Letusan pertama terjadi pada pagi hari yakni pukul 08.20 WIB dengan tinggi kolom 6000 meter.

WAJIB BACA :  Gunung Merapi Luncurkan Wesua Gembel Sejauh 1,5 Km, Warga Diminta Waspada !

Hanik menuturkan, dari hasil pengamatan tidak terlihat adanya perubahan morfologi di puncak Gunung Merapi. Namun demikian, ada kemungkinan letusan-letusan serupa masih akan terjadi.

Baca Juga: Status Gunung Merapi Dinaikkan Jadi Waspada

“Status masih Waspada, anjuran ke masyarakat jarak 3 km dari puncak Gunung Merapi steril dari aktivitas. Masyarakat yang beraktivitas di luar diimbau menggunakan masker,” ujar dia.

Seperti diberitakan, pada 1 Juni 2018 pukul 20.24 WIB Gunung Merapi meletus dengan durasi 1,5 menit mengarah ke Timur Laut. Tinggi kolom mencapai 2.500 Meter dari puncak. Amplitudo maksimum 64 mm.

Tak berselang lama pada pukul 21.00 WIB, Merapi kembali meletus selama 56 detik. Tinggi kolom tegak 1.000 meter dari puncak Gunung Merapi. Amplitudo maksimum 29 mm.

Baca Juga: Ada 120 Pendaki Ketika Gunung Merapi Meletus Pagi Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here