Fakta Tentang Anggaran Pohon Plastik di Jakarta Yang Bikin Ricuh

0
3447
Pohon Plastik -
Pohon Plastik - Copyright© Kompas

Fakta Soal Pohon Plastik

Indowarta.com – Lampu hias yang berwujudkan Pohon Plastik di Jakarta sempat menjadi pusat perhatian. Pohon plastik yang dipasang di Jalan Merdeka Barat menjelang lebaran dan Asian Games itu menghebohkan media sosial.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pastikan pekerja Harian lepas DKI Dapatkan THR

Netizen protes dengan keberadaan pohon plastic yag di trotoar dapat menghalangio pejalan kaki. Komunitas itu merasa miris karena pohon asli ditebang, tetapi pohon imitasi justru bermunculan dengan aalasan memperindah trotoar.

Selain posisinya yang dapat menghalangi trotoar, salah satu yang jadi personal adalah soal anggaran pengadaan lampu hias berwujudkan pohon plastik tersebut.

Menurut pernyataannya, ada dua versi anggaran yang sampai saat ini beredar, yang pertama yakni senilai Rp 8.1 miliar dari dinas Kehutaan DKI Jakarta.

Untuk versi yang kedua, yakni Versi Rp 2.2 Miliar anggaran pengadaan lampu hias dan pencahayaan kota dan pencahayaan kota di Suku Dinas Perindustrian dan Energi tahun anggaran 2018.

Plastik
Pohon Plastik – Copyright© Kompas

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membantah kedua anggaran itu. Dia memastikan tidak ada anggaran tahun 2018 yang terbuang untuk pengadaan lampu hias berwujud pohon plastik.

Baca Juga: Demi Dongkrak Ekonomi, Kediri Akan Punya Tol dan Bandara

Sandiaga Uno sendiri menjelaskan, lampu hias berwujudkan pohon plastik ini merupakan stok lama yang biasa dipasang pada saat perayaan hari besar.

“Itu yang kita Insya Allah bisa pastikan bahwa tidak ada anggaran yang terbuang (untuk pohon plastik),” ujar Sandiaga, Jumat (1/6/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengatakan, pohon plastik yang sempat viral itu bukan dari pengadaan tahun ini.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat Iswandi menyebut, lampu hias berwujud pohon plastik atau lampu pohon merupakan pengadaan tahun 2017.

Lampu hias itu kini menjadi barang inventaris Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat. “Pengadaannya itu tahun 2017,” kata Iswandi, Jumat.

Iswandi menyampaikan, harga satu set lampu hias itu sekitar Rp 8 jutaan. Ada 48 set lampu hias yang sempat dipasang di Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat pada 28-29 Mei 2018. “Pokoknya harganya Rp 8 juta satu unit, tinggal kalikan saja. (Nilainya) Rp 397.063.200,” kata dia. Iswandi menyampaikan, Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat sebenarnya memiliki 63 set lampu hias model tersebut.

Sebanyak 48 lampu hias yang telah dicopot disimpan di gudang, sementara sisanya masih dipasang di sekitar Balai Kota DKI Jakarta dan gedung DPRD DKI Jakarta

Baca Juga: PNS Terima THR dan Gaji Ke-13, Honorer Melongo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here