Cium Tangan SBY, Gatot Nur,mantyo Ngarep Jadi Capres SBY?

0
282
Gatot Nurmantyo Mencium Tangan SBY
Gatot Nurmantyo Mencium Tangan SBY Copyright© Detik

Pertemuan SBY dan Gatot Nurmantyo

Indowarta.com – Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mencium tangan SBY saat berbuka puasa bersama di kediaman pengusaha nasional Chairul Tanjung. Tindakan Gatot memancing banyak spekulasi politik terkait Pilpres 2019.

Baca Juga: Survey Kompas Gatot Nurmantyo dan Anies Baswedan Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Direktur Lembaga Survei Indo Barometer M Qodari menilai aksi gatot mencium tangan SBY ini dibaca dalam 3 Tafsiran berbeda.

“Pertama tafsir kultural, itu ucapan terimakasih karena yang menjadikan Pak Gatot Pangdam Brawijaya, Kodiklat, Pangkostrad, dan KSAD itu adalah Pak SBY,” kata Qodari kepada wartawan, Senin (4/6/2018).

Kedua merupakan tafsiran keagamaan, dimana Gatot Nurmantyo mencium tangan SBY berarti menghormati yang lebih tua, terlebih di bulan Ramadhan.

“Secara keagamaan menghormati yang lebih tua dan ini kan bulan ramadan,” katanya sembari tesenyum.

Kemudian untuk tafsir yang ketiga adalah yang paing banyak dibicarakan oleh Politisi, “Tafsir politiknya ya ngarep dapat tiket dari Pak SBY,” kata Qodari sembari tertawa.

Baca Juga: Prabowo Subianto Gundah Saat Nama Gatot Nurmantyo Melejit?

Tafsiran ketiga ini sama dengan yang disampaikan elite PDIP dan Hanura. Gatot dinilai sedang meminta restu kepada SBY sekaligus agar diusung ke Pilpres 2019.

“Itu namanya cium tangan plus-plus. Jelas dong (ada maksud di balik cium tangan tersebut). Cium tangan politis demi nyapres 2019,” kata Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah saat dihubungi detikcom, Minggu (3/6/2018).

Sebeumnya, Foto mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) TNI Gatot Nurmantyo yang tengah mencium tangan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beredar di media sosial. Foto itu kemudian menjadi pembicaraan publik.

Gatot tak menampik telah mencium tangan Presiden keenam RI itu. Hal itu terjadi di tengah safari politiknya untuk menjadi calon presiden setelah pensiun dari TNI.

Gatot mengaku mencium tangan SBY lantaran telah menganggap SBY sebagai orangtua sendiri. “Saya ini prajurit, lahir dari keluarga prajurit, dan kini saya pensiun setelah melengkapi bakti saya pada negara. Orang yang saya cium tangannya ini sudah seperti orangtua saya,” kata Gatot dalam keterangan tertulis, Senin (4/6/2018).

Baca Juga: SBY Bakal Bertemu Prabowo, PDIP Banyah Hubungan dengan Demokrat Merenggang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here