Malam Lailatul Qadar 2018, Jangan Sampai Terlewatkan

    0
    1777
    Malam Lailatul Qadar 2018
    Malam Lailatul Qadar 2018 - Copyright© Kabarmakkah

    Malam Lailatul Qadar 2018

    Indowarta.com Lailatul Qadar merupakan malam ketetapan dalam Bahasa Arabv. Yang mana merupakan malam penting terjadi di bulan Ramadhan. Di dalam Al Quran disebutkan bahwa Malam lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dibandingan dengan seribu bulan dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Quran.

    Baca Juga: Mengapa 1 Juni Jadi Hari Kelahiran Pancasila?

    Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

    Lantas, Kapankah Malam Lailatul Qadar ini pastinya terjadi, yang jelas tidak ada yang mengetahuinya melainkah Allah SWT. Namun menurut Ulama, Malam Lailatul Qadar bisa saja terjadi pada malam ganjil pada 10 Malam terakhir di Bulan Ramadhan.

    Amalan pada malam Lailatul Qadar ternyata bukan hanya dengan salat saja. Melainkan dengan dzikir dan juga tilawah Al Quran. Namun amalan shalat lebih utama dari amalan lainnya di malam lailatul qadar berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

    Anda dapat melakukan ini saat malam Lailatul Qadar:

    Baca Juga: Besok Hari Raya Waisak, Ini Doa Umat Buddha Untuk Indonesia

    • Perbanyak shalat sunnah
    • Perbanyak doa: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni
    • Perbanyak tilawah Al Quran
    • Perbanyak dzikir

    Doa malam Lailatul Qadar memang ada. Dahulu diriwayatkan bahwa Rasul pernah mengajarkan doa Lailatul Qadar. Adapun Doa lailatul Qadar adalah seperti ini:

    “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni”

    Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).

    Doa di atas begitu jaami’ (komplit dan syarat makna) walau terlihat singkat. Doa tersebut mengandung ketundukan hamba pada Allah dan pernyataan bahwa dia tidak bisa luput dari dosa. Namun sekali lagi meminta ampunan seperti ini tidaklah terbatas pada bulan Ramadan saja.

    Baca Juga: Bolehkah Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here