Prabowo Sebut Utang RI Berbahaya, Ini Data dan Tanggapannya Para Menteri

0
4183
Melihat dan Membandingkan Harta Kekayaan Jokowi dan Prabowo-
Melihat dan Membandingkan Harta Kekayaan Jokowi dan Prabowo -

Tanggapan Para Menteri Soal Prabowo Sebut Utang RI

Indowarta.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali melontarkan kritik yang cukup pedas kepada pemerintah Indonesia. Kali ini Prabowo menyinggung tentang Utang Indonesia.

Baca Juga: Galang Donasi, Prabowo Kehabisan Modal?

Dirinya mengutip data Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dan menyebutkan baha utang RI ini sampai hari ini hampir Rp 9.000 Triliun.

Untuk memperkua pernyataan tersebut, dirinya juga menampilkan berita media asing yang mengutip lembaga pemeringkat global tentang kondisi keunganindonesia. Sontak saja hal ini menjadi sangat ramai dibicirakan.

Prabowo mengungkapkan pernyataan itu dengan memberikan data dari Kementerian Keuangan. Dari data itu terlihat bahwa utang RI hampir mencapai Rp 9.000 triliun.

Dia berbicara dengan menyajikan slide presentasi itu. Tertulis sumber data yang dipakai Prabowo adalah ‘Statistik Uang Sektor Publik, Kementerian Keuangan, 2018, Asumsi Kurs Rp 14.000 per US$ 1; Per Tutup Tahun 2017’.

Baca Juga: PKS Usulkan Anies Baswedan Jadi Capres, Gerindra Konsisten Calonkan Prabowo

Pernyataan Prabowo ini langsung ditanggapi oleh Bendaharanegara, Menteri Keungan Sri Mulyani Indrawati. Dirinya mengatakan dari totoal utang yag digabung tersebut sudah memiliki tanggung jawab dari masing-masing entitas.

“Jadi yang kita bahas itu masalah apa sih? Kalau saya mau tanya ya, artinya di dalam mengelola seluruh perekonomian masing-masing entitas kan punya tanggung jawab. Jadi kalau dari sisi perekonomian, kita bisa saja membuat keseluruhan utang termasuk negara lain buat keseluruhan negara-negara perekonomian bisa utang rumah tangga, utang korporasi, utang BUMN, utang lembaga keuangan, pemerintah,” kata Sri Mulyani

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan kepada Prabowo agar berhati-hati berbicara tentang utang. Dia bahkan menilai Prabowo tidak mengerti soal utang negara.

“Kalau nggak ngerti nggak usah diomongin lah, kita ini kan nggak bego-bego amat, tahu lah kita itu semua. Nggak usah,” kata dia.

Baca Juga: Prabowo, Amien Rais dan Elite PKS Insyaallah Bertemu dengan Habib Rizieq Shihab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here