Kalahkan Gus Ipul dan Puti, Ini Rahasial Khofifah dan Emil

0
629
Kalahkan Gus Ipul dan Puti, Ini Rahasial Khofifah dan Emil
Kalahkan Gus Ipul dan Puti, Ini Rahasial Khofifah dan Emil Copyright©Kompas

Rahasia Khofifah dan Emil Kalahkan Gus Ipul dan Puti

Indowarta.com Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memandang pertarungan antara Khofifah Indar Parawansa dengan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dalam Pilkada Jawa Timur cenderung bersifat Tradisional.

Baca Juga: PKB Optimis Gus Ipul Akan Menang Meski Survey Rendah!

Menurut peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby, salah satu aspek pertarungan di Pilkada Jatim adalah antara golongan nahdiyin dan nasionalis.

“Jatim itu pertarungan yang sifatnya tradisional antara Khofifah-Gus Ipul,” kata Adjie di Kantor LSI Denny JA di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Adjie menuturkan bahwa factor citra atau image petahana tidak terlalu kuat melekat pada Gus Ipul. Padalah Gus ipul merupakan petahana Wakil Gubernur Jatim.

WAJIB BACA :  PKB Optimis Gus Ipul Akan Menang Meski Survey Rendah!

Meski demikian, Citra Gus Ipul sebagai petahana yang memiliki pengalaman dapat disaingi oleh citra Khofifah yang pernah menjabat sebagai manteri pada pemerintahan Presiden Joko Widodo. Khofifah pernah menduduki jabatan Menteri Sosial.

Selain itu, pada Pilkada kali ini, dukungan basis nahdiyin terbagi pada Khofifah dan Gus Ipul, namun terkait dukungan dari basis nasionalis, sosok Emil Dardak cukup berperan dalam menyedot suara.

“Hasil pengamatan kami, Emil bisa menarik pemilih meskipun PDI-P mendukung Gus Ipul. Puti (Guruh Soekarno) tidak mampu mengambil kantong suara nasionalis,” sebut Adjie.

Baca Juga: Khofifah Siap Jadi Jubir Jokowi di Pilpres 2019 “Siap Kalau Ditunjuk”

Salah satu kunci kemenangan Khofofah dan Emil dalam Pilkada Jatim adalah dirinya secara personal kuat dalam basis Nadhlatul Ulama (NU). Selain itu, Khofifah juga unggul secara gender, yakni pada basis pemilih perempuan yang memiliki kecenderungan lebih loyal.

WAJIB BACA :  Akan Dampingi Khofifah, Emil Dardak Disebut Punya Potensi Jadi Pemimpin Besar!

Faktor lainnya adalah Emil dapat mendongkrak perolehan suara Khofifah ketimbang peran Puti dalam mendongkrak suara Gus Ipul pada kantong nasionalis.

Hasil hitung cepat atau quick count LSI Denny JA menunjukkan pasangan Khofifah-Emil memenangkan Pilkada Jatim dengan perolehan suara 54,29 persen. Sementara itu, pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memperoleh 45,71 persen suara.

Angka ini bukan hasil penghitungan resmi. KPU akan melakukan rekapitulasi hasil suara hingga 9 Juli 2018.

Baca Juga: Pilgub Jatim: Gus Ipul Unggul di Media Online, Sedangkan Khofifah Unggul di Medsos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here