KPU Resmi Larang Eks Napi Korupsi Jadi Caleg dalam Pemilu 2019 Nanti

0
1042
KPU
Copyright©Tempo

Eks Napi Korupsi Dilarang Nyaleg di Pemilu 2019 Nanti

Indowarta.comKomisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019 nanti. Salah satu poin pentingnya adalah berisi larangan mantan koruptor maju sebagai Calon Lagislatif di Pemilu 2019.

Baca Juga: Kalah Gugatan Dari Partai Bulan Bintang, Kinerja KPU Tak Beres?

Hal ini dibenarkan oleh Komisioner KPU Ilham Saputra, ketika dikonfirmasi, “Iya (telah diterbitkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018),” ucap Ilham kepada Liputan6.com, Minggu (1/7).

Meski demikian, dirinya belum menjelaskan secara rinci terkait dengan terbitnya PKPU tersebut, Sebelumnya diketahui bahwa dikutip dari laman KPU RI, di Jakarta, Ketua KPU RI Arief Budiman telah menetapkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 mengenai Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Sabtu 30 Juni 2018 Kemarin.

WAJIB BACA :  Diduga Menyalahi Aturan Kampanye, Mandala Shoji Divonis Penjara

Dalam satu pasal tersebut diatur dengan jelas bahwa mantan koruptor dilarang untuk turut berpartisipasi dan ikut andil dalam pencalonan anggota legislative pada Pemilu 2019. Aturan tersebut terdapat dalam Pasal 7 Ayat 1 huruf h, berbunyi “Bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi,”.

Baca Juga: JR Saragih Tak Lolos, Demokrat Kambing Hitamkan KPU!

Ditetapkannya Peraturan KPU nomor 20 Ini sekaligus mengindikasikan bahwa Caleg diminta dari kalangan yang bersih dan terbebeas dari Korupsi.

Adapun untuk pendaftaran bakal calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten atau Kota untuk Pemilu 2019 akan dibuka mulai 4 Hingga 17 Juli 2018 besok.

Baca Juga: Langkah Bawaslu Dalam Perangi Hoax dalam Pilkada 2018!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here