Fakta Mengejutkan Soal Gunung Agung Meletus Lagi

0
1332
Gunung Agung terkini
Copyright ©Tirto

Fakta Soal Gunung Agung Meletus Lagi

Indowarta.com Gunung Agung di Bali kembali erupsi, suara dentumannya yang begitu keras pada Senin Malam 2 Juni 2018, membuat sebagian warga yang tinggal di lereng gunung terkejut dan memilih mengungsi ke lokasi aman.

Baca Juga: Kena Dampak Abu Vulkanik Gunung Agung, Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup

Langit malam bertabur bintang sontak memerah saat banjir lava turun mendekat ke pemukiman warga yang tinggal di sekitar Gunung Agung. Bahkan akibat lontaran pijar sejauh 2 kilomater, hutan di sekelilingnya ikut terbakar.

Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi kementrian ESDM, kolom abu dengan intensitas tebal pada pukul 21.04 Wita itu lebih mengarah ke barat.

Erupsi terekam di seismograf dengan amplitude maksimum 24 mm dan durasi kurang lebih 7 menit 21 detik. Saat itu, status Gunung agung ditetapkan siaga atau level III.

Sebenarnya apa yang menyebabkan Gunung Agung kembali erupsi? Berikut sejumlah fakta yang terungkap saat gunung setinggi 3.142 mdpl itu kembali memuntahkan lava pijar untuk kesekian kalinya di Pulau Dewata.

Baca Juga: Alasan Kenapa Jokowi Cabut Status Darurat Gunung Agung!

Menurut catatan, Gunung Agung mengalami erupsi tiga kali pada Senin 2 Juli 2018, letusan pertama terjadi pada pukul 06.19 Wita dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2000 meter di atas puncak.

Meski mengalami tiga kali erupsi, menurut Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Devy Kamil Syahbana,  tidak ada indikasi akan terjadi peningkatan energi seismik yang besar.

Penyebab erupsi strombolian Gunung Agung kemungkinan terjadi karena pengerasan lava di permukaan. Kondisi tersebut hal lazim karena lava di permukaan cenderung mengalami penurunan temperatur. Hal ini menyebabkan laju efusi (aliran) lava ke permukaan melambat.

Baca Juga: Potret Relawan Satwa Merawat Hewan Di Zona Berbahaya Gunung Agung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here