Pilpres 2019, PKS Ingin Raih Kemenangan Kembali saat Anies di Pilkada DKI !

0
1662
Copyright©tempo

Dalam Pilpres 2019, PKS Gunakan Taktik sama saat Menangkan Anies di Pilkada DKI !

Indowarta.com – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman yang menyatakan partai oposisi seharusnya tiru Pilkada DKI April 2017 untuk mengalahkan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019. Dimana saat itu, pasangan yang diusung oleh PKS dan Gerindra, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang mampu mengalahkan inkumben Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat.

Baca Juga : Sandi Minta, Tak Gunakan Istilah Kecebong Vs Kampret dalam dukungan Pilpres 2019 !

Sohibul yang mengungkapkan, oleh sebab itu ia berharap Pilpres 2019 dapat berlangsung dalam dua putaran. “Agar bisa dua putaran, Demokrat harus membentuk poros ketiga seperti di Pilkada DKI,” kata Sohibul, Senin, 9 Juli 2018. “Nah, nanti di putaran kedua baru saling mendukung dengan kami.”

Copyright©tribunnews

Saat Pilkada DKI April 2017, Demokrat yang menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni. Dimana dari ketiga pasangan calon Gubernur DKI, AHY-Sylviana yang memperoleh suara paling sedikit.

WAJIB BACA :  Kemesraan Jokowi dan Prabowo Saat Ambil Nomor Urut di KPU !

Tetapi, sebab Ahok-Djarot yang menore 42 persen suara dari total pemilih maka Pilkada DKI harus diadakan dalam dua putaran. Dalam putaran kedua ini, pasangan Anies-Sandiaga yang justru berbalik unggul. Tak sedikit pihak yang menilai, jika pasangan Anies-Sandi tersebut mendapat limpahan suara dari pemilih AHY-Sylviana.

Baca Juga : Ketum Gerindra Prabowo Segera Bertemu SBY, guna Bahas Pilpres 2019 ?

Sohibul yang menyatakan telah melimpahkan rencana ini kepada Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan ketika keduanyan diam-diam bertemu dalam beberapa waktu yang lalu. Tetapi, Sohibul yang tak menjelaskan apakah Demokrat setuju dengan pandangan dua putaran itu atau tidak. “Jika sejak awal melawan Pak Jokowi dalam pilpres 2019 berarti hanya satu formula. Tentu ada pihak-pihak yang kemudian aspirasinya tak tertampung,” kata Sohibul. “Tapi dengan poros ketiga maka banyak partai terakomodasi.”

WAJIB BACA :  Kemesraan Jokowi dan Prabowo Saat Ambil Nomor Urut di KPU !

Menjelang pendaftaran Pilpres 2019 pada awal Agustus nanti, partai-partai yang kini mulai membangun komunikasi politik. Sampai dengan saat ini hanya Demokrat, PKB, dan PAN yang belum menunjukkan arah mengenai koalisi. Sedangkan untuk PKS, yang juga terus memberikan dorongan kepada Gerindra guna memajukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilpres 2019.

Dimana PKS yang mengingkan Anies untuk maju bersama dengan mantan Gubernur Jawa Barat, yakni Ahmad Heryawan.

Baca Juga : Potensi Amien Rais Nyapres di Pilpres 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here