Sosok Cawapres Seperti Apa yang bikin SBY Merapat ke Jokowi ?

0
3022
Copyright©detik

Ternyata Cawapres Seperti ini yang membuat SBY Berpindah ke Jokowi !

Indowarta.com – Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kini sedang menanti nama cawapres Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Dimana sosok cawapres Jokowi yang bakal menetukan SBY unuk mengarahkan dukungan kepada partainya. Tetapi bakal seperti apa sosok cawapres yang bakal membuat SBY berpihak ke Jokowi ?

Baca Juga : SBY Melihat Cawapres Jokowi dan Prabowo Bakal Ubah Kondisi Politik !

Adapun SBY yang sebelumnya telah menyampaikan 5 elemen yang bakal menjadi dasar kontrak politik oleh partainya dengan capres-cawapres yang akan dibawanya. Dimana 5 elemen dasar itu yang sebagai hasil sidang pertama Majelis Tinggi PD.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Dari Megawati Sampai SBY Akan Hadiri Acara Kunjungan Raja Salman di Gedung DPR ?
Copyright©tempo

Kami merumuskan ada lima elemen utama yang kelak akan jadi bagian dari semacam kontrak politik antara capres dan cawapres yang diusung oleh Partai Demokrat dengan Partai Demokrat,” kata SBY saat membacakan hasil sidang pertama Majelis Tinggi PD pada Senin (9/7) lalu melalui video yang diterima detikcom, Kamis (12/7).

Mengenai kelima elemen dasar itu pertama, yang menganut paham ideologi Pancaisla, kedua, capres-cawapres yang lebih memprioritaskan masalah ekonomi dan kesejahteraan rakyat, ketiga kemiskinan dapat ditangani dengan serius. Dia juga yang memberikan syarat supaya membangun infrastruktur yang selaras dengan pembangunan manusia.

Untuk yang keempat, mengenai politik dan demokrasi. SBY yang memiliki harapan pemimpin yang bakal datang sungguh-sungguh menaati aturan Undang-undang dan sistem ketatanegaraan yang berlaku. Sejauh ini SBY yang juga menyoroti pentingnya keadilan mengenai hukum. Dia ingin agar penegakan hukum dapat berlangsung secara adil dan tak tebang pilih.

WAJIB BACA :  Kalau Tidak Jadi Cawapres, Jusuf Kalla Belum Tentu Dukung Jokowi !

Baca Juga : Pengamat Ungkap, Jokowi Bakal Tiru Langkah SBY saat Pilpres 2009 !

Kelima, SBY yang lebih menekankan mengenai sosok pemimpin yang wajib untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Sebab, dia mengingatkan pentingnya toleransi untuk dijunjung tinggi. Tak hanya itu, selain kelima elemen dasar itu, yang bakal menjadi dasar kontrak politik dengan capres-cawapres.

Partai Demokrat juga melihat sosok cawapres yang memiliki pandangan sejalan dengan rencana politik Demokrat. Dimana Ketua DPP PD Ferdnand Hutahaen yang menyebutkan, hal tersebut yang sulit bagi Demokrat untuk mengarahkan dukungan apabila cawapres Jokowi tersebut dianggap menghambat mengenai rencana politik Demokrat.

Jadi tentu bahwa posisi Wapresnya Pak Jokowi itu sangat menentukan bagi rencana politik Partai Demokrat. Nah kalau wakilnya Pak Jokowi itu berpotensi menghambat peluang rencana Partai Demokrat ke depan, ya tentu Partai Demokrat tidak akan mendukung,” ujar Ketua DPP PD Ferdinand Hutahaen kepada detikcom, Minggu (15/7).

Baca Juga : Lebih Matang, AHY Dianggap Lebih Tepat Diusung SBY pada Pilpres 2024 !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here