Back to School, KPAI Tegaskan Stop Bullying di Masa Orientasi !

0
317
Copyright©detik

Kembali ke Sekolah, KPAI Himbau Stop Bullying di Masa Orientasi !

Indowarta.com – Para pelajar yang bakal memasuki tahun ajarab baru pada Senin (16/7), dimana usai libur panjang berakhir. Dimana hari pertama sekolah yang menjadi masa orientasi siswa baru di tahun ajaran baru tersebut. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menghimbau agar pihak sekolah untuk memnjamin pelaksanaan masa orientasi peserta didik baru bakal berlangsung dengan aman, ramah dan nyaman bagi siswa baru.

Baca Juga : KPAI Panggil Penerbit Buku Balita yang Berisi Konten LGBT!

KPAI meminta kepada pihak sekolah untuk memastikan tak ada keiatan perploncoan serta bullying dalam masa orientasi itu. “Untuk itu, maka perploncoan dan bullying harus dicegah semaksimal mungkin. Suasana harus diciptakan penuh kekeluargaan, kondusif dan zero kekerasan,” ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti.

WAJIB BACA :  KPAI Terima 26 Ribu Aduan Bully Selama 6 Tahun!
Copyright©detik

Retno yang juga memberikan himbauan supaya orang tua mengantar anak-anaknya ke sekolah di hari pertama ini. Dimana keterlibatan orang tua di hari pertama sekolah pada anak dinilai sangat penting, hal tersebut merupakan wujud dukungan orang tua guna memberikan semangat kepada anak-anaknya.

KPAI juga mendorong sekolah menyiapkan diri menyambut para orangtua dan anaknya masuk sekolah kembali. Tidak sekedar menurunkan anaknya di sekolah dari kendaraan, tetapi juga mengantar masuk ke kelas sang anak,” papar Retno.

Baca Juga : Keprihatinan KPAI Soal Heboh Foto ABG 16 Tahun Menikah dan Viral di Lini Masa!

Mengantar anak sampai ke sekolah bisa menjadikan momentum perkenalan orang tua siswa dengan wali kelas. Sehingga, orang tua juga dapat mendapatkan informasi mengenai program-program sekolah. “Hal ini akan menjadi momentum yang menyenangkan bagi anak-anak. Ini juga akan membawa dampak positif ke depannya terhadap keharmonisan hubungan orangtua dan pihak sekolah, “ tutur Retno.

WAJIB BACA :  KPAI Panggil Penerbit Buku Balita yang Berisi Konten LGBT!

Di sisi lain, polisi yang juga menghibmau supaya pelajar yang menggunakan angkutan umum atau bus khusus sekolah untuk menghindari macet. “Ya lebih bagus lagi pakai angkutan umum atau kalau ada bus khusus sekolah, pakai bus sekolah saja biar tidak macet,” ungkapnya.

Polisi yang juga memperkirakan puncak kemacetan bakal terjadi pada pukul 06.00-07.00 WIB. Karena pada jam-jam tersebut, lalu lintas lebih didominasi oleh anak sekolah yang berangkat sekolah serta para pekerja.

Baca Juga : Pihak WhatsApp Tak Hadiri Undangan Mediasi KPAI Soal Gif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here