Perang Dagang AS China Segera Bergulir, Jokowi Minta Seluruh Menteri Waspada !

0
4411
Copyright©kompas

Jokowi Himbau Kepada Para Menteri Waspadai Perang Dagang AS China !

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo yang meminta kepada seluruh menteri guna mewaspadai serta bersiap diri atas situasi ekonomi global yang tidak dapat ditentukan. Begitulah seperti yang dikatakan oleh Presiden Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018).

Baca Juga : Jokowi Ingatkan kepada Generasi Muda, Jangan Raih Prestasi dengan Cara Instan !

“Saya minta kita semuanya terus waspada dan bersiap diri dengan berbagai langkah strategis menghadapi dampak ketidakpastian global, terutama dipicu kebijakan normalisasi moneter di Amerika Serikat maupun adanya potensi perang dagang Amerika dengan Tiongkok,” ujar Jokowi.

Copyright©detik

Walaupun begitu, Presiden Jokowi yakin jika Indonesia bakal lebih tahan terhadap terpaan tekanan ekonomi global ketimbang dengan negara lain.

WAJIB BACA :  Presiden Jokowi Makin Buka Bukaan Soal Rencana Pindah Ibu Kota!

Saya meyakini, dibandingkan negara-negara lain, daya tahan ekonomi kita masih lebih baik dan untuk menghadapi ketidakpastian ini, kuncinya adalah sinergi kebijakan moneter dan fiskal yang harmonis,” ujar Jokowi.

Disamping keadaan tersebut, salah satu kebijakan yang mampu memperkuat keadaan daya tahan ekonomi nasional yakni insentif terhadap investasi, insentif terhadap produk ekspor serta peningkatan pada sektor pariwisata. Dalam kondisi itu, Presiden Jokowi yang juga meminta kepada para menterinya guna menyelesaikan program-program yang telah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

“Pastikan proyek strategis segera dieksekusi tepat waktu dan tetap menjaga good governance yang tetap sasaran dan dampaknya, manfaatnya, bisa dirasakan langsung oleh rakyat kita,” lanjut Jokowi.

WAJIB BACA :  Utang Pemerintah 2.5 Tahun Pemerintahan Jokowi Sudah Setara dengan 5 Tahun Pemerintahan SBY, Kenapa?

Baca Juga : Jusuf Kalla Ingatkan Jokowi, Untuk Tambah Suara 15% di Pilpres 2019 !

Pemerintah yang bakal memperkuat ekonomi nasional demi merespon perang dagang yang dilakukan oleh Amerika Serikat. Raat terbatas di Istana Presiden Bogor, Senin (9/7/2018) yang membicarakan mengenai dampak perang dagang, disini Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang menjelaskan, mengenai penguatan ekonomi nasional tersebut yang dilakukan dalam beberapa program.

Intinya, pemerintah bakal memberikan kenyamanan kepada para pelaku industri nasional supaya pergerakan investasi dapat terjaga dengan stabil, peningkatan ekspor, optimalisasi impor dan pengembangan substitusi impor.

Pemerintah akan melakukan optimalisasi di tool fiskal, baik berupa bea keluar, bea masuk maupun harmonisasi bea masuk itu sendiri agar industri nasional mempunyai daya saing dan tetap mampu melakukan ekspor,” papar Airlangga yang menjelaskan terkait upaya peningkatan ekspor.

Baca Juga : Hot News ! Inilah Kritikan Tajam PKB untuk Mahfud MD Setelah jadi Cawapres Jokowi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here