Peringati 100 Tahun Hari Lahir Nelson Mandela, Pemimpin Inspiratif !

0
310
Copyright©tribunnews

100 Tahun Hari Lahir Nelson Mandela, Begini Kisah Hidupnya !

Indowarta.com – Rabu, 18 Juli 2018 genap 100 tahun hari lahirnya pejuang anti-apartheid Afrika Selatan, Nelson Mandela, yang telah meninggal pada 2013 silam. Mandela merupakan Presiden pertama Afrika Selatan sejak 1994 hingga 1999. Ia sebagai orang Afrika Selatan yang berkulit hitam pertama yang menjabat sebagai presiden.

Baca Juga : Mengenal Sosok Maya Angelou, Penyair yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!

Ia wafat di Johannesburg, Afrika Selatan, 5 Desember 2013 di usianya yang ke-95 tahun. Disamping perjuangannya yang penuh inspiratif atas anti-apartheid d Afrika Selatan, ada sejumlah hal menarik dari mendiang Nelson Mandela. Yakni salah satunya, dimana Mandela yang telah dikenal dengan banyak nama sepanjang hidupnya.

Copyright©liputan6

Sebagian besar nama itu diberikan kepadanya atas bentuk penghormatan atau sebab karakteristik yang jelas dalam kepribadian pemimpin Afrika Selatan itu. Sejumlah nama ini termasuk Dalibhunga (pencipta atau pendiri dewan atau penyelengara dialog), Madiba (nama klannya), Tata (ayah) dan Khulu (bentuk singkat dari kakek yang artinya hebat).

Mandela yang lahir dengan nama Mandela Rolihlahla yang diartikan ‘menarik cabang pohon’. Tetapi dalam bahasa sehari-hari, ini dapat diartikan sebatai pembuat onar. Dimana ayah dari Mandela sendiri yang memberikan nama tersebut. tetapi, nama yang paling dikenal Mandela-Nelson uang dipakai ketika pemimpin Afrika Selatan tersebut mulai menginjak sekolah.

Baca Juga : Katsuko Saruhashi, Wanita yang Hadir di Google Doodle Hari Ini!

Ini merupakan praktik umum untuk guru dalam memberikan nama Kristen kepada muridnya. Hal tersebut rupanyan membuat guru tidak dapat mengucapkan nama asli anak-anak Afrika. Nelson Mandela yang mendapatkan namanya sebab atas keinginan gurunya yang sederhana. Miss Mdingane, guru yang ingin membuat nama pemimpin masa depan tersebut lebih mudah untuk diucapkan serta mudah untuk diingat oleh para penjajah di Afrika Selatan, negeri Britania.

Sebagian penduduk belahan dunia yang turut memperingati hari lahir Nelson Mandela. Mandela yang dikenal oleh masyarakat global sebab vokal menyuarakan anti-apartheid tersebut dikomandokan sejak menduduki kursi kepresidenan. Ia sebagai orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan itu, Presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras.

Baca Juga : Guilermo Haro, Sosok Astronom yang Nongol di Google Doodle Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here