Jokowi Sahkan PP Tentang Gubernur Maju Pilpres harus Seizin Presiden !

0
1927
Copyright©tempo

Jokowi Teken PP Soal Gubernur Maju Pilpres harus Seizin Presiden !

Indowarta.com – Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi yang telah menandatangani aturan tentang tata cara pengunduran diri dalam hal pencalonan anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden, dimana permintaan izin dalam urusan pencalonan presiden dan wakil presiden, dan cuti dalam pelaksanaan kampanye pemilihan umum.

Baca Juga : Resmi Mundur dari Demokrat, TGB Didoakan Sukses jadi Cawapres Jokowi !

Disamping pengunduran diri, aturan yang juga terdapat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2018 tersebut yang memuat mengenai permintaan izin dalam pencalonan presiden dan wakil presiden.

Copyright©detik

“Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota atau wakil walikota yang akan dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus meminta ini kepada presiden,” demikian bunyi Pasal 29 ayat (1) PP Nomor 32 Tahun 2018.

WAJIB BACA :  Ketika BPN Prabowo Mengusik Jateng, TKN Jokowi Bergerilya di Jabar !

Ayat selanjutnya dalam pasal tersebut yang menyatakan bahwa presiden memberikan izin atas permintaan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota atau wakilnya, dalam waktu paling lama 15 hari setelah menerima surat permintaan izin. Kemudian, dalam hal memberikan izin dalam waktu 15 hari tersebut,

Izin dianggap telah diberikan. Dimana surat permintaan izin untuk kepala daerah yang mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres diwajibkan menyampaikan kepada komisi Pemilihan Umum oleh partai politik sebagai dokumen persyaratan. Adapun aturan tersebut yang telah ditandatangani oleh Jokowi pada 18 Juli 2018, yang diundangkan oleh menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly pada 19 Juli 2018.

Baca Juga : Pertemuan Jokowi dan 6 Ketua Umum Parpol, Rampungkan Nama Cawapres !

Lepas dari itu, calon wakil presiden  yang bakal mendampingi Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019 sudah ditentukan. Hal tersebut yang telah disepakati Jokowi beserta enam ketua umum partai politik pendukungnya pada Pilpres 2019 dalam jamuan santap malam di Istana Presiden Bogor, Senin (23/7/2018).

WAJIB BACA :  Jokowi dan 3 Tokoh Indonesia Ini Masuk dalam Jajaran 50 Muslim Berpengaruh di Dunia!

Koalisi sudah bulat, (nama cawapres) sudah di tangan Presiden. Mengerucut ke satu nama,” ujar Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang seusai pertemuan di Istana Presiden Bogor. Dalam satu atau dua pekan ke depan, Oesman yakin Presiden Jokowi bakal mengumumkan nama cawapresnya.

Mungkin (diumumkan) dalam satu-dua minggu ini supaya enggak simpang-siur,” ujar dia.

Baca Juga : Berpeluang Jadi Cawapres Jokowi, Cak Imim Perbanyak Berdoa !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here