KPU: Penetapan Pasangan Capres-Cawapres pada 20 September !

0
778
Copyright©cnnindonesia

KPU bakal Umumkan Pasangan Capres-Cawapres pada 20 September !

Indowarta.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahapan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden di Pemilu 2019. Sementara pendaftaran pasangan calon presiden yang bakal dimulai pada 4 Agustus dan bakal ditetapkan pada 20 September 2018. Dimana tahapan lengkap mengenai pencalonan capres dan cawapres yang diawali dengan pendaftaran pasangan calon.

Baca Juga : KPU Resmi Larang Eks Napi Korupsi Jadi Caleg dalam Pemilu 2019 Nanti

Adapun megnenai periode ini yang akan dibuka pada 4 Agustus hingga 10 Agustus. Selain itu, Komisioner KPU Hasyim Asyari yang menuturkan saat pasangan capres telah didaftarkan maka sehari selanjutnya mereka dapat dengan segera untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, yang artinya pada 5 Agustus tes kesehatan yang telah dilakukan dengan batas waktu terakhir 13 Agustus.

WAJIB BACA :  Hot News ! Inilah Kritikan Tajam PKB untuk Mahfud MD Setelah jadi Cawapres Jokowi !
Pengambilan Nomor Urut Pemilu.
Copyright©Twitter/KPU_ID

Pesannya adalah pendaftaran segera dilakukan,” kata Hasyim, dalam sosialisasi tahapan Pemilu 2019 bersama perwakilan partai politik peserta pemilu, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (27/7) malam.

Lantas proses selanjutnya, ucap dia, tahap pemberitahuan secara tertulis hasil verifikasi pada 15-17 Agustus. Jika terdapat administrasi yang perlu dilengkapi oleh pasangan calon, paslon diberi waktu 18-20 Agustus guna menyelesaikannya. Dimana pemberitahuan tertulis tersebut hasil verifikasi ulang jatuh pada 25-27 Agustus.

Setelah itu, KPU yang bakan menginformasikan mengenai hasil kelengkapan dokumen persyaratan administratif kepada pimpinan parpol atau gabungan parpol dan bakal pasangan calon pada 15-18 September. “Setelah itu penetapan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden jatuh pada 20 September,” imbuh Hasyim.

WAJIB BACA :  Pertemuan Jokowi dan 6 Ketua Umum Parpol, Rampungkan Nama Cawapres !

Baca Juga : Coblosan Pilkada Diusulkan Libur Nasional, Begini Kata KPU

Lepas sehari kemudian, dimana pasangan calon presiden dan wakil presiden dapat memperoleh nomor urut dari KPU. Di hadapan perwakilan parpol, Hasyim yang berulang-ulang mengingatkan supaya pendaftaran dapat dilakukan secepat mungkin. Hal tersbut dimaksudkan guna menghindari potensi adanya hal-hal yang tak diinginkan dalam proses pendaftaran.

Adapun ketua KPU Arif Budiman yang menambahkan mengenai alur pencalonan tersebut yang tidak bakal berubah kecuali terdapat putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Tetapi apabila tidak ada, Arif yang kembali menegaskan proses alur ini tidak akan berubah.

Sepanjang tak ada perubahan, masih berlaku seperti ini,” pungkas Arif.

Baca Juga : Kalah Gugatan Dari Partai Bulan Bintang, Kinerja KPU Tak Beres?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here