Bencana Gempa Bumi Berkekuatan 3,6 SR Guncang Lombok Utara !

0
819
Copyright©cnnindonesia

Gempa Bumi Susulan Guncang Lombok Utara, Tak Berpotensi Tsunami !

Indowarta.comGempa Bumi susulan yang berkekuatan 3,6 skala richter (SR) yang kembali mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut keterangan yang disampaikan oleh badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi pada Senin (30/7) sekitra pukul 05.34 WIB.

Baca Juga : Gempa Bumi Guncang Wilayah Selatan Pulau Jawa, Peringatan Tsunami Dihentikan!

Adapun mengenai lokasi gempa tepatnya berada di 8,27 lintang selatan dan 116,459 lintang bujur timur.

Pusat gempa berada di darat 26 km Timur Laut Lombok Utara. Gempa dirasakan di wilayah (MMI) III Bayan, Lombok Utara,” tulis BMKG lewat akun twitter @infoBMKG.

WAJIB BACA :  Berkekuatan 5,5 SR, 230 Kali Gempa Susulan Guncang Lombok dan Sekitarnya !
Copyright©twitter

Sebelumnya, gempa 6,4 SR yang telah mengguncang beberapa kawasan di NTB, Minggu (29/7) pagi. Hingga kini 17 orang yang dilaporkan meninggal dunia akibat kejadian tersebut. sementara Deuti Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), M Sadly, yang menyatakan hingga Minggu (29/7) pukul 23.00 WIB,

Sudah terjadi 23 kali gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat. Dimana BMKG yang menilai jika gempa tersebut yang tidak berpotensi tsunami. Sadly yang menambahkan intensitas kekuatan gempa susulan tersebut yang bakal terus menurun dan tidak lebih kuat dari gempa awalnya. Menurutnya jika BMKG yang memerlukan waktu sekitar tiga hari guna menentukan apakah gempa tersebut sudah selesai atau masih ada lagi gempa susulan.

WAJIB BACA :  Berita Hari ini: Lagi.. Gempa Mentawai Susulan 5,8 SR, Tak Berpotensi Tsunami !!

Baca Juga : Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Sukabumi, Tidak Berpotensi Tsunami!

Kepala Dinas Sosial Nusa Tenggara Barat Ahsanul Khalik yng menyatakan jumlah koran gempa bumi 6,4 SR yang mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa pada Minggu terdapat 500 kepala keluarga.

“Data sementara yang kita himpun ada 500 KK. Tapi itu pun kita belum berani mengungkapkan angka pastinya. Karena patokan kota kita by name by adress,” kata Ahsanul Khalik di Sembalun, Minggu (29/7) seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, ada tiga kecamatan yang juga terdampak parah akibat gempa, yaitu Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, dan Kecamatan Bayan di Lombok Utara. Untuk korban meninggal akibat gempa, hingga informasi terkini pada Minggu (29/7) pukul 20.00 WITA yang telah mencapai 16 orang. Sementara di Kabupaten Lombok Utara sebanyak empat orang, dua wisatawan pendakian Gunung Rinjani yang salah satunya warga negara Malaysia, Siti Nur Ismawida (30).

Baca Juga : Pakar Geologi Sebut Tahun Depan Bakalan Banyak Terjadi Gempa Bumi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here