Cara-cara Kreatif Mendapatkan Uang Dari Blog

0
970
Copyright©Hostinger

Indowarta.com – Bisa dibilang dalam 10 tahun terakhir dunia blogging mengalami perkembangan yang luar biasa. Jika pada awalnya sebagian besar memulai blog karena alasan personal seperti ingin mengekspresikan diri, maka sekarang niat orang untuk ngeblog salah satunya adalah karena ingin menghasilkan uang lewat blog.

Bahkan sekarang ini blogging bisa dijadikan suatu profesi, yang bila ditekuni secara serius bisa menghasilkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Tak heran jika jumlah blogger semakin meningkat setiap tahunnya. Siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses, termasuk blogger pemula.

Ada beberapa hal-hal fundamental yang perlu diperhatikan jika ingin membangun blog yang sukses

  • Memilih niche

Kegiatan blogging tak jauh berbeda dengan bisnis. Jika ingin sukses, maka Anda perlu tahu siapa target pasar atau pembaca blog, termasuk demografis, minat dan gaya penyampaian yang disenangi. Anda juga perlu melakukan analisis kompetitor untuk mengetahui website-website mana saja yang memiliki otoritas di niche tersebut.

Setelah mengetahui siapa target pembaca dan kompetitor, Anda bisa menyusun strategi-strategi yang bisa digunakan untuk mengembangkan blog, seperti gap konten apa yang bisa Anda isi dan kembangkan dan strategi pemasaran konten.

  • Membangun blog
web hosting Hostinger
Copyright©Hostinger

Pembuatan blog tidak boleh sembarangan, baik dalam segi desain maupun performa, karena kesalahan pada keduanya bisa berujung fatal.

Performa dan tampilan yang bagus akan mendorong pengunjung berlama-lama mengunjungi blog Anda. Sebaliknya jika blog lambat diakses, tampilan kuno dan susah dibaca kemungkinan besar pengunjung akan memilih keluar atau kembali ke mesin pencarian, hal ini dapat mengakibatkan bounce rate tinggi dan berpotensi menurunkan posisi SEO blog.

Untuk memastikan performa blog yang terbaik diperlukan web hosting handal dan berkualitas. Salah satu penyedia yang bisa Anda pertimbangkan adalah Hostinger, yang memiliki lebih dari 10 tahun pengalaman di bidang web hosting dan lebih dari 29 juta pelanggan di 178 negara, termasuk Indonesia.

Harga Paket Web Hosting Hostinger
Copyright©Hostinger

Hostinger memiliki 3 paket shared web hosting, masing-masing memiliki spesifikasi berbeda yang disesuaikan menurut kebutuhan website.

Web hosting single ditujukan untuk pemula yang ingin membuat website. Web hosting premium cocok digunakan untuk website yang sedang berkembang dan memerlukan resource lebih besar. Web hosting tertinggi yang ditawarkan Hostinger, web hosting bisnis, bisa menjadi opsi untuk website dan bisnis yang stabil dan maju.

Paket web hosting bisnis dan premium memiliki fitur unlimited, seperti ssd disk space, bandwidth, dan jumlah website, sehingga pemilik website bisa bebas berkreasi dan mengembangkan website, meskipun demikian pemakaian harus dalam batas wajar. Hostinger juga memberikan domain gratis untuk konsumen yang berlangganan web hosting premium dan bisnis selama setahun. Fitur jaminan 30 hari uang kembali memungkin calon konsumen mencoba layanan tanpa harus berkomitmen membeli dalam jangka panjang.

Tampilan blog juga tak kalah penting. Blog harus terlihat profesional, menarik, mudah dibaca dan dinavigasi. Beberapa opsi yang bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki kemampuan teknis terkait web design adalah dengan membeli tema premium atau menggunakan jasa web designer.

  • Membuat Konten

Langkah selanjutnya setelah membuat blog adalah membuat konten. Bukan konten sembarangan, tapi konten yang berkualitas dan menarik minat pengunjung untuk membuka dan membacanya. Konten yang bagus adalah konten yang bermanfaat, informatif, dan mudah dimengerti oleh pembaca. Sebelum membuat konten, Anda perlu melakukan riset terkait konten, untuk mengetahui topik apa saja yang menarik bagi pembaca Anda dan gaya bahasa yang harus digunakan.

  • Mempromosikan Konten

Banyaknya konten yang beredar di internet memberikan tantangan bagi pemilik web untuk memastikan konten yang dibuat dengan susah payah dan usaha bisa mendatangkan pengunjung. Konten yang bagus pun sekarang ini tidak cukup untuk mendatangkan pengunjung blog, perlu ada usaha proaktif untuk memasarkan konten tersebut, misalnya melalui sosial media, email, atau forum-forum diskusi.

Pemilik blog juga memiliki kesempatan besar untuk membangun komunitas dengan para pembaca dan pengunjung. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan pembaca yang sudah memberikan waktunya untuk memberikan komentar di blog Anda karena hal tersebut menunjukkan bahwa Anda menghargai dan peduli pada pembaca Anda.

Seiring dengan perkembangan blog dan traffic, Anda bisa memanfaatkan traffic blog dan mengubahnya menjadi penghasilan tambahan.

Monetisasi Blog

Ada beberapa cara dan metode yang bisa  digunakan untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan blog

  1. Marketing Afiliasi

Marketing afiliasi merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan untuk mendapatkan penghasilan dengan menggunakan blog. Pada intinya, pemilik blog akan bekerja sama dengan suatu bisnis, memilih produk yang sesuai dan akan mendapatkan link khusus. Pemilik blog akan berusaha membuat konten terkait produk tersebut dan menambahkan referensi ke produk dengan menggunakan link tersebut. Jika ada pembaca blog yang membeli melalui link tersebut, pemilik blog akan mendapatkan komisi.

Pilihlah produk afiliasi yang berhubungan dengan niche Anda sehingga akan terlihat natural bagi pembaca, misalnya jika blog Anda membahas tentang teknologi, maka salah satu opsi marketing afiliasi yang bisa dipilih adalah program afiliasi web hosting.

Metode ini terbilang gampang dan tidak memakan banyak waktu untuk dilakukan sehingga cocok digunakan untuk pemula yang ingin memonetisasi blog. Anda bisa memperoleh pendapatan pasif selama masih ada orang yang menggunakan link tersebut.

  1. Iklan

Anda mungkin sudah tidak asing dengan metode monetisasi ini. Pemilik blog menyediakan beberapa slot di blog mereka, misalnya di samping atau bawah untuk pihak yang tertarik beriklan. Dengan iklan, Anda sebagai pemilik blog mempunyai kebebasan dan kontrol untuk mengatur jenis iklan dan berapa lama iklan akan ditayangkan.

Anda bisa menggunakan plugin atau melakukan desain ulang untuk mengakomodir iklan-iklan yang akan ditayangkan di blog. Pemula bisa memulai dengan google adsense untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui iklan.

  1. Konten Sponsor

Jika pada dulunya marketing dilakukan di media elektronik dan media cetak, maka sekarang ini seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perusahaan memilih untuk memasarkan produk mereka online dengan menggandeng blogger-blogger berpengaruh.

Perusahaan akan memilih blog-blog berpengaruh sesuai dengan target pasar mereka. Bisa dibilang blogger dan perusahaan memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Semakin besar pengaruh suatu blogger, didukung dengan data analytics, maka semakin besar bargaining power yang mereka miliki untuk menentukan nilai kerja sama.

  1. Menjual Konten Premium

Cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual konten premium seperti ebook, dan kursus online, terutama jika Anda memiliki pengalaman dan keterampilan yang mendukung.

Jika memilih opsi ini, maka anda perlu menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk membuat konten premium yang benar-benar informatif dan bermanfaat karena reputasi Anda sebagai seorang blogger yang akan menjadi jaminannya.

Demikian beberapa opsi yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Setiap metode memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan blog dan pembaca Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here