Setelah Terjadi Gempa, Begini Dampak Wisatawan Tiga Gili di Lombok !

0
447
Copyright©viva

Pasca Gempa, Wisatawan Tiga Gili di Lombok Diperkirakan Bakal Turun Drastis !

Indowarta.com – Wisatawan lokal ataupun mancanegara yang telah berkunjung ke tiga gili di Lombok diperkirakan bakal turun sebab gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang telah mengguncang Lombok dan Bali, pada Minggu, 5 Agustus 2018. Sementara bagi wisatawan yang mengkhawatirkan akan adanya bencana susulan.

Baca Juga : Bencana Gempa Bumi Berkekuatan 3,6 SR Guncang Lombok Utara !

Hal tersebut yang diungkapkan oleh Ketua DPD Asociation of The Indonesian Tours Travel Agent (ASITA) NTB, Dewantoro Umbu Joka yang menyatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang bakal mengalami penurunan drastis. Karena, wisatawan yang datang ke Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang didominasi oleh wisatawan mancanegara.

WAJIB BACA :  Fenomena Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Sejumlah Wilayah Indonesia, Selengkapnya !
Copyright©cnnindonesia

Kalau di Gili itu rata-rata 75-80 persen (wisatawan asing), karena memang yang paling banyak itu dari luar. Ya, sekitar 80 persen lah,” ujarnya kepada VIVA saat dihubungi, Senin 6 Agustus 2018.

Ia yang berharap segera mungkin ada informasi yang valid dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ataupun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jika gempa dan peringatan berpotensi bencana lainnya misalnya tsunami yang telah berakhir.

Baca Juga : Gempa Bumi Guncang Wilayah Selatan Pulau Jawa, Peringatan Tsunami Dihentikan!

Kita perlu informasi BMKG dan BNPB yang benar-benar valid. Ketika kita meyakinkan memberikan kepercayaan kepada turis itu supaya jangan sampai kita bilang tidak ada masalah, tiba-tiba ada masalah,” ujarnya.

WAJIB BACA :  Gempa Sebesar 5 SR Guncang Bali, Getaran Terasa Sampai Karangasem Hingga Kuta!

Menurutnya, itu hal yang wajar jika ada penurunan wisatawan setelah bencana gempa ini. Namun ia yang berharap segera ada informasi yang aman dari pihak berwenang supaya kunjungan turis mancanegara ke Indonesia tidak terganggu.

Tapi saya pikir itu hal yang lumrah kalau ada yang menurun (kunjungan) wisatawan karena gempa ini. Jadi memang kita harus ada masukan agar bisa promosi. Musti ada alasan secara ilmiah kan untuk suruh mereka datang. Kan butuh garansi dari badan yang berwenang mengatakan bahwa gempa itu sudah berakhir,” tutupnya.

Baca Juga : Gempa Bumi Terkuat di Meksiko Tewaskan Sedikitnya 27 Korban!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here