Sambut Idul Adha, Begini Niat Puasa Sunah Dzulhijjah

0
6926
Copyright©tribunnews

Niat Puasa Sunah Dzulhijjah Tarwiyah dan Arafah

Indowarta.com – Hari ini, Senin (13/8/18), dalam penanggalan islam adalah menjadi hari pertama dalam bulan Dzulhijjah. Dengan memasuk bulan Dzulhijjah ini, maka artinya kita akan semakin dekat dengan hari raya Idul Adha 1439 H, yang bakal jatuh pada tangga 10 Dzulhijjah.

Jika dikalender Masehi, tanggal tersebut bakal jatuh pada tanggal 22 Agustus 2018 mendatang. Nah menyambut hari raya bagi umat islam tersebut, maka sebagai seorang muslim disunahkan untuk melakukan Puasa Dzulhijjah.

Baca juga: Bocah 4 Tahun Peringatkan Sebelum Gempa Besar Guncang Lombok !

Dalam Puasa Dzulhijjah ini dibagi menjadi 2 kriteria atrau kategori, yakni puasa Arafah dan puasa Tarwiyah. Puasa tarwiyah merupakan salah satu Puasa Dzulhijjah yang bisa dikerjakan oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

Copyright©tribunnews

Untuk puasa tarwiyah ini dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah, tepatnya pada hari Senin (20/8/18) nanti. Untuk niat puasanya sendiri sebagai berikut:

“Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.”

Artinya: “Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.”

Baca juga: Viral, Diduga Sering Minum Susu Kotak Kemasan, Bocah Ini Derita Diabetes di Usia 3 Tahun !

Untuk Puasa Dzulhijjah selanjutnya ialah Puasa Arafah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah mendatang, tepatnya pada Selasa (21/8/18) mendatang. Pada tanggal tersebut para muslim yang sedang melakukan ibadah haji sedang menunaikan wukuf di Arafah.

Nah untuk mengimbangi mereka, bagi para muslim yang belum bisa melaksanakan ibadah haji maka disunahkan untuk melakukan puasa tersebut. Adapun untuk niat melakukan puasa sunnah tersebut sebagai berikut.

“Nawaitu Sahauma Arafata Sunnatan lillahita’aala”

Artinya “Saya niat puasa Arafah sunnah karena Allah ta’ala.”

Nah itu tadi sedikit informasi tentang niat Puasa Dzulhijjah yang bisa anda lakukan, karena ini merupakan puasa sunnah, jadi anda tidak diwajibkan melakukannya. Namun bagi anda yang ingin menambah amalan baik untuk menyambut hari raya Idul Adha bisa melakukan Puasa Dzulhijjah ini.

Baca juga: Viral, Bocah ini Lakukan Hal Tak Terduga Kepada Ibu Hamil didalam Kereta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here