Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 14.600, Sandiaga Uno Ungkap Penyebabnya

0
335
Copyright©katadata

Penyebab Nilai Tukar Rupiah Melemah Sandiaga Karena Besarnya Produk Impor di Tanah Air

Indowarta.com – Calon Wakil Presiden dalam Pilpres 2019 mendatang, yakni Sandiaga Uno memberikan keterangan mengenai lemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) yang terjadi saat ini.

Dikutip dari laman Tribunnews, Sandiaga Uno beranggapan jika melemahnya kurs rupiah terhadap dolar karena banyaknya barang impor yang sudah masuk kedalam Indonesia belakangan ini.

Baca juga: Terungkap, Ini Alasan Titiek Soeharto Partai Berkarya Dukung Penuh Prabowo-Sandiaga !

“Karena sekarang ini banyak sekali kebijakan kita yang mengarahkan pemenuhan kebutuhan itu melalui impor,” kata Sandiaga dikutip dari laman Tribunnews.

Untuk itu, Sandiaga Uno bakal berupaya untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat dengan produk-produk hasil karya domestik apabila ia menang dalam Pilpres 2019 mendatang mendampingi Prabowo.

Copyright©katadata

Dengan begitu, maka nantinya pengguna produk asli Indonesia bisa membantu nilai tukar rupiah agar tidak melemah seperti saat ini. Dan dampak nyata dari melemahnya nilai tukar rupiah sekarang ini adalah naiknya harga pangan yang di impor guna memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga: Ma’ruf Amin Dikabarkan Jenguk Ahok di Mako Brimob, Begini Kata Sang Adik

Seperti data pada hari Senin (13/8/18) kemarin, nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika  berada di level tertinggi tahun ini, yaitu mencapai angka Rp 14.600. Merosotnya nilai tukar lira Turki bisa menjadi salah satu penyebab melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

Sementara itu, ada kabar miring soal terpilihnya Sandiaga Uno menjadi pendamping Prabowo dalam Pilpres 2019 mendatang. Ada yang menyebutkan jika Wakil Gubernur DKI tersebut memberikan mahar senilai Rp 500 Miliar kepada kedua partai pengusung, yakni PAN dan PKS.

Mahar tersebut menjadi jalan pemulus Sandiaga untuk jadi Cawapres Prabowo. Dan Kaka Suminta selaku Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau pemilu meminta Bawaslu menelusuri dugaan tersebut.

Baca juga: Sandiaga Uno Beri Mahar Rp500 Miliar Untuk Jadi Cawapres Prabowo?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here