Tips Atasi Nyeri Setelah Suntik Imunisasi dan Vaksin MR pada Anak !

0
319
Copyright©intisari

Cara Mengatasi Nyeri Setelah Suntik Imunisasi dan Vaksin MR pada Anak !

Indowarta.com – Terkadang bagi sebagian dari kita yang sempat berpikir, yang paling mengerikan saat mengunjungi dokter yakni ketika disuntik dengan jarum suntik. Walaupun umumnya rasa sakit yang diakibatkan oleh injeksi sangat minimal, namun ada kalanya rasa nyeri tersebut yang tetap terasa hingga dirumah dan terkadang makin memburuk hingga membengkak.

Lihat Juga : Unik, Cara Dokter Saat Suntik Pasien Anak Keren Banget, Bikin Nggak Takut !

Dimana nyeri tersebut yang sebetulnya disebabkan saat larutan yang disuntikkan diserap oleh tubuh dan kristal yang tertinggal atau saat disuntikkan mengakibatkan robeknya jaringan. Oleh karena itu nyeri pada 24 jam pertama umumnya dikarenakan oleh larutan berat, selanjutnya nyeri untuk beberapa jam kedepan umumnya dikarenakan adanya kristalisasi.

vaksin kanker serviks
Copyright©hariannasional

Tetapi apapun alasannya, kadang-kadang pengalaman buruk tersebut yang mampu membuat kita trauma. Lantas bagaimana menyiasatinya?

Berikut ini merupakan tips yang diberikan oleh boldsky.

1 Gosok Dengan Baik

Yang seringkali diberitahu oleh dokter yakni menggosokkan bagian yang disuntikkan setelah injeksi. Terlebih proses tersebut yang dapat membantu untuk menyerap cairan yang disuntikkan untuk menghindari adanya pembengkakan. Biasanya setelah itu kita yang diberi bola kapas kecil dengan alkohol antiseptik yang dapat membantu untuk menghindari adanya infeksi.

2 Santai

Saat proses injeksi berlangsung kita yang lebih cenderung merasa tegang sebab memikirkan jarum suntik. Oleh sebab itulah otot disekitar bagian yang akan disuntikkan menjadi tegang. Dan hasilnya, jaringan di sekitar tempat menyuntik juga mengalami kerusakan serta menimbulkan rasa sakit setelah disuntik.

Lihat Juga : Cara Kerja dan Resiko Efek Samping Dari KB Suntik!

Yang paling penting adalah santaikan otot dan coba alihkan pikiran dengan memikirkan hal lain yang dapat memudahkan suntikan tanpa adanya kerusakan jaringan.

3 Balsem

Gunakan balsen atau obat gosok yang agak panas untuk menekan ke bagian yang disuntikkan atau menggosokkan. Hal tersebut dapat mengendurkan otot sehingga lebih banyak aliran darah yang dapat membantu mengurangi rasa sakit lebih cepat.

4 Hangatkan Jarum atau botol

Jika sebelumnya cairan suntik dihangatkan dengan mencelupkan botol kedalam air panas, juga dapat menurunkan viskositas minyak sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam jarum suntik dan injeksi. Hal tersebut juga berguna untuk mengurangi rasa sakit yang berlebih.

Lihat Juga : Fatwa MUI: Vaksin MR Mengandung Babi, Tetapi Masih Boleh Digunakan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here