Gempa Bumi Berkekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR Guncang Kupang NTT, Begini Antisipasinya !

0
294
Copyright©tribunnews

Kupang NTT Kembali Diguncang Gempa, Ini yang Harus Dilakukan Saat Gempa Terjadi !

Indowarta.comGempa bumi berkekuatan 6,2 SR yang disusul 5,8 Skala Richter yang kembali mengguncang wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (28/8/2018). Dimana informasi tersebut yang diperoleh melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akunnya pada Twitter @infoBMKG, gempa bumi tersebut yang berpusat di Kupang.

Lihat Juga : Bencana Gempa Bumi Berkekuatan 3,6 SR Guncang Lombok Utara !

Adapun gempa bumi tersebut yang telah tercatat sebanyak 2 kali guncangan. Yang pertama, pada pukul 14:08:10 WIB atau 15:08:10 WITA dengan kekuatan 6,2 SR. dimana titik korrdinat gempa bumi yang berada di 10.96 LS, 124.16BT, 106 km tenggara Kupang pada kedalaman 10 Km. sementara yang kedua, gempa susulan pada pukul 14:13:29 WIB atau 15:13:29 Wita yakni dengan kekuatan 5,8 SR.

WAJIB BACA :  Berita terkini : Usai Gempa Mentawai, Aceh Dinyatakan Siaga Satu !!
Copyright©twitter

Adapun titik koordinat gempa bumi yang berada di 10.99 LS, 124.09 BT, 105 km tenggara Kupang pada kedalaman 10 Km. dimana gempa bumi tersebut yang tidak berpotensi adanya tsunami.

Berikut ini tips selamatkan diri ketika terjadinya gempa.

Dimana gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja bahkan didaerah atau tempat wisata. Oleh sebab itu, kita harus waspada ketika gempa bumi jika tiba-tiba terjadi di destinasi travelling. Berikut ini tindakan yang perlu kamu lakukan ketika gempa bumi terjadi.

1 Tetap tenang

Ketika gempa terjadi, usahakanlah untuk tetap tenang dan tidak panik. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian lihatlah keadaan sekitar dan pilih tempat yang aman untuk berlindung.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang Papua Nugini 6,4 SR, Tak Berpotensi Tsunami!!!

Lihat Juga : Gempa Bumi Guncang Wilayah Selatan Pulau Jawa, Peringatan Tsunami Dihentikan!

2 Di dalam rumah

Apabila pada saat gempa terjadi di dalam penginapan, segeralah untuk menyelamatkan diri dan orang yang ada disekitarmu. Meja merupakan tempat terbaik untuk berlindung dari benda-benda yang berjatuhan ketika gempa. Kemudian, lindungi kepala anda dengan benda yang tidak keras. Seperti helm, bantal, papan atau bisa juga menggunakan kedua tangan dengan posisi tertelungkup.

3 Di luar ruangan

Apabila ketika gempa bumi terjadi kamu berada di luar ruangan, segera bergerak menjauhi gedung dan tiang kemudian cari tempat yang terbuka. Tetap tenang dan jangan panik dengan menarik napas dalam-dalam. Tetap ditempat, biasanya usai gempa pertama akan terjadi gempa susulan.

Lihat Juga : Gempa Bumi 5,2 SR Guncang Sukabumi, Tidak Berpotensi Tsunami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here