Jangan Percaya Hoax ! Ternyata Pil KB Tak Bikin Gendut Lho !

0
248
Copyright©aktual

Benarkah Pil KB Bikin Gemuk ? Ini Jawabannya

Indowarta.com – Pakar obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kusuma Pradja Semarang Dokter Muhammad Irsam, SpOG (K) yang menyatakan tak benar mengenai anggapan mengonsumsi pil Keluarga Berencana (KB) dapat membikin gendut.

Gendut atau tidak itu tergantung orangnya. Kegemukan itu kan lebih karena pola makan yang tidak terkendali,” katanya saat Seminar “Pemberi Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat Umum” di RSIA Kusuma Pradja Semarang, Sabtu (1/9).

Berita Lain : Mampu Cegah Kanker, Kontrasepsi Ini Diburu Kaum Hawa!

Seminar kesehatan yang merupakan sejumlah rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 RSIA Kusuma Pradja Semarang yang turut mengangkat dua tema yang sedang krusial, yakni “HIV pada Ibu Hamil” dan “Kontrasepsi Hormonal”. Disini Irsam yang mengatakan materi untuk tema “Kontrasepsi Hormonal”

pil kb
Copyright©alodoter

Yang menerangkan sejauh ini banyak mitos yang telah mendarah daging di masyarakat mengenai pil KB yang tak sepenuhnya benar, seperti menyebabkan gemuk.

Memang, pil KB mengandung estrogen. Hormon estrogen yang terlampau banyak memang menyebabkan retensi cairan di tubuh, cairan tidak keluar, sehingga ada kecenderungan kenaikan berat badan,” katanya.

Walaupun begitu, apabila mengonsumsi pil KB yang diimbangi dengan pola makan yang wajar sebetulnya tidak akan menyebabkan kegemukan, ditambah sekarang ini sudah ada pil KB terbaru yakni dengan drospirenone. Selain membuat gemuk, masih ada lagi mitos yang berkembang mengenai pil KB di masyarakat yang salah,

Berita Lain : Selain Menunda Kehamilan, Ini Lho Fakta Lain Tentang Pil KB!

Termasuk juga menyebabkan jerawat, kanker, hingga rahim menjadi kering atau susah untuk memiliki anak lagi.

“Faktanya, pil KB justru menurunkan risiko kanker ovarium dan endometrium, serta reversibel yang paling cepat jika ingin memiliki anak lagi. Jika berencana memiliki anak lagi, hentikan saja konsumsi,” katanya.

Pil KB yang merupakan salah satu bentuk kontrasepsi hormonal, selain KB susuk dan suntik, sementara untuk kontrasepsi nonhormonal, diantaranya intrauterine device (IUD) atau sering disebut dengan KB spiral dan kondom. Sebetulnya, masih ada lagi jenis kontrasepsi yang lain, misal kontrasepsi yang alami, yakni sistem kalender atau panjang berkala, hingga menyusui.

Berita Lain : Hal yang Sering Ditanyakan Soal Pil KB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here