Inilah Fakta soal 2.357 PNS Koruptor yang Akhirnya Dipecat !

0
140
Copyright©kompas

Sebanyak 2.357 PNS Korupsi Segera Dipecat, Ini Data Selengkapnya !

Indowarta.com – Pemerintah yang akhirnya telah memecat sebanyak 2.357 pegawai negeri sipil yang berstatus koruptor, Kamis (13/9/2018). Sebelumnya, para PNS tersebut yang telah menerima gaji dari negara, bahkan kasus hukum yang telah menjeratnya telah memiliki kekuatan hukum tetap. Mulanya data mengenai PNS koruptor yang telah

Ikuti Juga : Cara Mendaftar CPNS 2018, Siapkan Berkas-berkas Ini Lalu Daftar Klik sscn.bkn.go.id !

Diungkap oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dimana pemecatan tersebut yang dilakukan supaya tak merugikan negara dan menciptakan pemerintahan yang efisioan, efektif dan bersih dari korupsi. Usai seminggu, pemerintah yang akhirnya melakukan pemecatan dengan tidak hormat, berikut ini fakta-fakta mengenai 2.357 PNS koruptor yang dikutip dari Kompas.com :

1 Temuan berawal dari pendataan ulang PNS

Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang menyatakan, penemuan kasus tersebut yang bermula pada upaya BKN melaksanakan pendataan ulang mengenai pegawai negeri sipil PUPNS) pada tahun 2015.

Copyright©potretnews

Dimana tujuan dari pendataan ulang tersebut guna mendapatkan data akurat, serta mempermudah pengelolaan dan pengembangan sistem informasi kepegawaian. Dari penelusuran di PUPNS, ada sekitar 97.000 PNS yang tak mengisi PUPNS.

2 Tiga besar instansi dan wilayah jumlah PNS koruptor terbanyak

Dari data BKN, telah tercatat instansi yang memiliki koruptor PNS terbanyak. Di Kemenhub sebanyak 16 orang, diposisi kedua Kementerian Agama dengan 14 orang. Diikuti Kementerian Pekerjaan Umum dan Permahan Rakyat, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berjumlah 9 orang.

Sedangkan di tingkat daerah, Provinsi Sumatera Utara jumlah PNS terjerat korupsi yakni sebanyak 298 orang. Posisi kedua Provinsi Jawa Barat sebanyak 193, Provinsi Riau total 190 orang.

Ikuti Juga : Begini Cara Pendaftaran CPNS 2018 Melalui Portal sscn.bkn.go.id !

3 Pemecatan tidak hormat

Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin dan Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang telah mengeluarkan surat keputusan bersama mengenai pemecatan 2.357 PNS berstatus koruptor. SKB tersebut yang mengatur pemberhentian tidak hormat para PNS yang terlibat korupsi.

4 Data Masih Fluktuatif

Kepala BKN Bima Haria Wibisana yang menyebutkan hingga kini, jumlah PNS koruptor yang sudah divonis inkrah masih terus diverifikasi dan divalidasi.

“Ini sementara sudah berkurang, ada beberapa kabupaten atau kota yang secara proaktif langsung melakukan pemberhentian, sudah ada yang masuk (datanya) tapi belum kami hitung,” kata Bima di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Ikuti Juga : Atlet Peraih Medali Asian Games 2018, Segera diangkat jadi PNS !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here