Terbaik, Cara Mudah Hindari Kebutaan dari Penggunaan Lensa Kontak !

0
210
Copyright©liputan6

Mudah, Begini Cara Hindari Kebutaan dari Penggunaan Lensa Kontak !

Indowarta.com – Apabila pengguna lensa kontak ingin agar aman serta terhindar dari kebutaan, maka ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Dimana kebersihan lensa kontak yang harus dijaga dengan baik. Seperti lensa kontak yang kotor bakal menimbulkan infeksi, sehingga hal tersebut yang dapat berakibat pada kebutaan.

Lihat Juga : Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan, Diet dan Penyakit Akut !

Menurut John Dart, peneliti dari UCL Institute of Ophtalmology, dimana pengguna lensa kontak yang cenderung terkena infeksi. Hal tersebut disebabkan lensa kontak yang telah terkontaminasi oleh mikroorganisme yang dapat menyebabkan adanya peradangan pada mata. Sedangkan kebiasaan kebersihan yang kurang baik turut memicu terjadinya infeksi.

Copyright©liputan6

Kebiasaan sehari-hari seperti mandi, berenang serta berendam di bak air panas saat mengenakan lensa kontak juga merupakan faktor risiko terkena infeksi.

“Orang-orang yang memakai lensa kontak (yang dipakai berulang kali) harus memastikan mereka mencuci dan mengeringkan tangan, sebelum memegang lensa kontak. Hindari memakai lensa kontak saat berenang, mencuci muka atau mandi,” kata John, dikutip dari Cambridge News, Senin (24/9/2018).

Copyright©liputan6

Disini lensa kontak sekali pakai yang digunakan harian bisa dapat mencegah terjadinya infeksi dan kebutaan. Maka solusi ini yang mungkin dinilai lebih aman bagi pengguna lensa kontak. Dimana kejadian kasus infeksi mata yang disebabkan penggunaan lensa kontak yang kian meningkat di Inggris. Sementara pihak Moorfields Eye Hospital yang memberikan saran

Lihat Juga : Manfaat Daun Sirih Merah dan Sirih Hijau Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Penyakit Akut !

Kepada pengguna lensa kontak untuk tetap waspada sebab infeksi mata berasal dari organisme mikriskopis Acanthamoeba keratitis. Dimana organisme tersebut yang mampu menyerang kornea dan sangat menyakitkan. Organisme mikroskopis tersebut yang dinamakan Acanthamoeba secara umum ditemukan di alam sekitar dan umumnya terdapat di sungai atau danau,

Namun adakalanya berada di air keran, udara dan kolam renang. Sementara data dari rumah sakit Moorfields Eye Hospital yang telah mencatat, adanya peningkatan penderita infeksi mata dari pengunaan lensa kontak selama beberapa tahun terakhir.

Sejauh ini hanya terdapat delapan sampai 10 kasus yang dilaporkan antara tahun 2000 dan 2003. Sementara pada tahun 2011 dan 2016 jumlah kasus yang meningkat menjadi 35 hingga 65 penderita.

Lihat Juga : Polemik Rokok, Antara Fatwa, Cukai yang Menggiurkan dan Biaya Kesehatan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here