Banyak Warga Berebut Makanan di Minimarket, Ini Kata Jokowi !

0
338
Copyright©kompas

Ada Kabar Masyarakat Berebut Makanan di Minimarket, Jokowi Angkat Bicara !

Indowarta.com – Presiden Joko Widodo yang melihat pemberitaan media massa terkais soal warga yang berebut makanan yang terjadi di beberapa toko di daerah bencana gempa, Sulawesi Tengah. Dimana presiden Jokowi yang mengatakan jika tidak perlu mempermasalahkan mengenai sesuatu yang tak substansial

Lanjut Baca : Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 SR Guncang Yogyakarta Rabu Dini Hari !

Saat dalam kondisi darurat bencana seperti sekarang ini.

“Dalam keadaan darurat seperti ini, jangan mempermasalahkan hal-hal kecil yang sebetulnya tidak menjadi masalah dasar di situ,” ujar Presiden Jokowi saat dijumpai di Monumen Pancasila Sakti, kompleks Lubang Buaya, Jakarta Timur, Senin (1/10/2018).

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Presiden Jokowi Terbang Ke Malang, Berikut Agendanya!
Copyright©liputan6

Sebab, Presiden Jokowi  yang tak menemukan mengenai kejadian tersebut, saat dirinya berada di Palu, Miggu (30/9/2018) kemarin.

“Saya tidak melihat di lapangan seperti itu. Karena toko-toko itu pun tutup,” ujar Jokowi.

Jikalaupun ada warga korban gempa bumi yang mengambil bahan makanan di toko atau minimarket, Presiden Jokowi yang menegaskan jika aksi tersebut bukanlah penjarahan, namun sebagai bentuk kebaikan hati dari pemilik toko untuk membantu sesamanya yang sedang kesusahan.

Di lain sisi, pemerintah yang mendapatkan laporan ribuan warga Palu yang datang ke Mutiara Sis AL Jufri, Palu pada Senin (1/10/2018) pagi. Dimana ribuan warga tersebut yang meminta naik ke pesawat hercules milik TNI untuk dievakuasi keluar dari Kota Palu pasca-gempa bumi 7,4 magnitudo dan tsunami pada pekan lalu.

WAJIB BACA :  Ada Perbaikan, Jokowi Pindah Ke Kantor istana Bogor!

“Jumlahnya besar ya antara yang ingin ikut dengan pesawatnya sangat tidak seimbang. Walaupun kami sudah dipersilakan teratur,” ujar Menko Polhukam Wiranto di Jakarta, Jumat (1/9/2018).

Lanjut Baca : Gempa Bumi Berkekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR Guncang Kupang NTT, Begini Antisipasinya !

“Tetapi makin lama makin banyak karena dari mulut ke mulut ‘Ada penerbangan gratis dari TNI AU’. Nah banyaklah datang ke bandara. Kelihatannya memang jadi rusuh tetapi tadi sudah dapat dijelaskan,” lanjut dia.

Dimana Wiranto yang juga mengentahui warga yang datang ke bandara ketika mengunjungi Palu dalam beberapa hati yang lalu. Ia yang menjelaskan warga yang datang ke bandara umumnya masyarakat pendatang. Diketahui mereka yang trauma terhadap musibah gempa dan tsunami sehingga ingin meninggalkan Kota Palu.

Sebab belum ada penerbangan komersial, sehingga mereka akhirnya datang ke bandara ingin naik hercules. Padahal, pesawat hercules ini digunakan untuk mengangkut bahan makanan, personel serta kebutuhan lain dari Makassar, Jakarta dan Balikpapan.

Lanjut Baca : Bencana Gempa Bumi Berkekuatan 3,6 SR Guncang Lombok Utara !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here