Terseret Tsunami Palu, Kapal Besar Ini Masuk ke Pemukiman Warga Jadi Tontonan !

0
4390
Copyright©suara

KM Sabuk Nusantara 39, Kapal yang Kandas Setelah Dihempas Tsunami Palu !

Indowarta.com – Tak hanya kerusakan pelabuhan serta bangunan lainnya, namun kapal KM Nusantara 39 yang ikut terhempas ke daratan akibat tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang sebagai salah satu bukti dahsyatnya dampat gempa Donggala yang berkekuatan 7,7 Skala Richter yang terjadi pada Jumat (28/9/2018).

Ikuti Juga : Prabowo Siap Bantu Jokowi Tangani Korban Gempa Palu dan Donggala !

Hal tersebut yang seperti diungkapkan oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Purnomo, yakni melalui keterangan resminya, Sabtu (29/9/2018). Disini Agus yang menyatakan, KM Sabuk Nusantara 39 yang kala itu sedang bersandar di Pelabuhan Wani itu, terlepas kemudian terbawa arus hingga 7- meter dari dermaga.

WAJIB BACA :  Banyak Warga Berebut Makanan di Minimarket, Ini Kata Jokowi !
Copyright©suara

Diungkapkan Agus, kapal itu yang telah terseret sampai akhirnya kandas lumayan jauh dari perairan, disebakan terhempas oleh gelombang tsunami yang melanda Pelabuhan Wani, yakni salah satu pelabuhan yang terkena dampak di Kota Palu. Namun utnungnya, kapa itu yang masih dalam kondisi tidak berpenumpang.

“Saat kejadian, ada tiga orang ABK yang sedang turun ke darat untuk bertemu keluarganya, sedangkan 17 ABK lainnya ada di atas kapal,” sambungnya.

Posisi kapal sendiri saat ini berada di sekitar 70 meter dari laut, tepatnya di jalan menuju pelabuhan, dan saat ini kapal menggunakan generator darurat untuk kelistrikannya,” jelas Agus lagi.

Ikuti Juga : Timses Prabowo Ingatkan Jokowi Tak Kampanye Saat Beri Bantuan Korban Gempa Palu !

Tak hanya Pelabuhan Wani, dalam keterangannya, Agus yang menyatakan jika Pelabuhan Pantoloan di Palu yang merupakan pelabuhan yang juga mengalami kerusakana yang paling parah ketimbang pelabuhan yang lainnya. Hal tersebut yang terlihat dengan robohnya quay crane di sana.

WAJIB BACA :  Begini Kisah Pilot Batik Air yang Selamat dari Gempa Palu !
Copyright©suara

“Laporan sementara, Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan roboh, dan dengan kondisi ini layanan kepelabuhanan dihentikan, menunggu hasil pengecekan lebih lanjut di lapangan,” ungkapnya.

Agus yang mengatakan, kerusakan akibat gempa yang turut menimpa Pelabuhan Ogoamas. Dimana gempa yang terjadi telah menimbulkan retak di Taulud sehingga dermaga menjadi bergeser sedikit ke sisi kanan.

Ikuti Juga : Begini Kisah Pilot Batik Air yang Selamat dari Gempa Palu !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here