Letusan Gunung Soputan di Sulawesi Utara Tiada Henti, Warga Mulai Panik !

0
1234
Copyright©tempo

Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus, Ini Imbauan dari PVMBG !

Indowarta.com – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (PVMBG), Kasbani yang mengungkapkan, Gunung Soputan telah erupsi.

“Tadi malam jam 01.00 Wita kami keluarkan kenaikan statusnya dari level II (waspada) ke level III (siaga) dan barusan meletus jam 08.47 Wita,” kata dia saat dihubungi Tempo, Rabu, 3 Oktober 2018.

Lanjut Baca : Prabowo Siap Bantu Jokowi Tangani Korban Gempa Palu dan Donggala !

Dimana PVMBG yang telah mencatat erupsi Gunung Soputan tersebut menghasilkan kolom abu teramati yang lebih kurang setinggi 4 kilometer dari puncak gunung itu, atau sekitar kurang lebih 5.809 meter di atas permukaan laut. Bahkan tinggi Gunung Soputan yang berlokasi di Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara, Sulkawesi Utara 1.804 diatas permukaan laut.

WAJIB BACA :  Gunung Soputan Erupsi, Bandara Sam Ratulangi Masih Beroperasi Normal!
Copyright©tempo

Teramati, kolom abu hasil erupsi Gunung Soputan yang berwarna kelabu dan coklat yakni dengan intensitas tebal yang mengarah ke arah barat dan barat laut. Sementara erupsi tersebut yang tercatat dengan amlitudo maksimum 39 milimeter dengan durasi waktu kurang lebih 6 menit.

Kalau sekarang masih abu (yang keluar). Erupsi eksplosif, tapi belum ada material awan panas,” kata Kasbani.

PVMBG yang juga merekam aktivitas kegempaan Gunung Soputan mulai meningkat sejak bulan Agustus 2018. Diketahui meningkatnya aktivitas Gunung Soputan mulai 1 Oktober 2018 sehingga kini statusnya yang juga dinaikkan. Sementara daerah yang bahaya ancaman gunung berapi tersebut yang jadi diperluas.

Lanjut Baca : Timses Prabowo Ingatkan Jokowi Tak Kampanye Saat Beri Bantuan Korban Gempa Palu !

“Daerah bahayanya kami set di radius 4 kilometer, ditingkatkan sektoral ke arah barat sejauh 6,5 kilometer searah dengan arah bukaan kawah,” kata Kasbani.

WAJIB BACA :  Fakta Tentang Gunung Krakatau yang Pernah Menggelapkan Dunia !

Disini Kasbani yang mengatakan, walaupun erupsi, status aktivitas Gunung Soputan yang masih dalam status Siaga.

“Karena ancaman dampaknya masih di dalam areal situ. Kalau nanti ada ekskalasi, ada penambahan ancaman lebih besar, bisa saja kami naikkan menjadi awas (level IV),” ujarnya.

Ia yang menambahkan, Gunung Anak Krakatau yang diberitakan hampir tiap hari meletus, namun dampak ancamannya yang masih disitu saja, hingga sekarang statusnya masih waspada.

“Status itu bukan karena meletusnya, tapi melihat ancaman dampaknya,” kata dia.

Lanjut Baca : Sejumlah Fakta Mengejutkan Usai Gempa-Tsunami Terjang Palu dan Donggala !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here